Detail Karya Ilmiah
-
Analisis SWOT dalam Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Tinjauan Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus UD Budi Jaya Desa Kramat Bangkalan)Penulis : KHOLIFAHDosen Pembimbing I : Dr. Abdur Rohman, S.Ag., M.E.I.Dosen Pembimbing II :Abstraksi
ABSTRAK Analisis SWOT dalam Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Tinjauan Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus UD Budi Jaya Desa Kramat Bangkalan) Peranan dan perkembangan UKM memiliki nilai strategis dalam memperkokoh perekonomian Nasional Ekonomi Rakyat. Namun dalam perkembangannya UKM banyak menghadapi berbagai permasalahan yang berasal dari eksternal maupun internal yang sangat mempengaruhi perkembangan Usaha. Berbagai macam upaya yang dilakukan industri untuk mempertahankan usahanya, baik dari sisi kelebihan maupun kelemahan serta ancaman dari berbagai bisnis lainnya, hal ini mendorong setiap usaha harus memiliki strategi yang baik dalam industri untuk pengembangan usaha agar mampu bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor eksternal dan internal yang menjadi peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh UD Budi Jaya, kemudian merumuskan alternatif strategi pengembangan usaha yang dapat diaplikasikan. Tinjauan perspektif ekonomi islam bertujuan untuk menganalisis usaha yang dijalankan seesuai dengan prinsip-prinsip Islam.Penelitian adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan analisis deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer didapat melalui wawancara dengan beberapa karyawan , petani salak dan pemilik usaha. Data sekunder di dapat melalui jurnal, buku, artikel dan refrensi lain yang di dalamnya membahas tentang analisis SWOT dalam strategi pengembangan usaha. Metode analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan kemudian kesimpulan yang telah terverifikasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa strategi pengembangan usaha yang dapat diterapkan dalam pengembangan UD Budi Jaya yaitu sistem pemasaran dengan melakukan promosi secara aktif melalui media sosial, pengembangan pelatihan terhadap karyawan, memperbaiki manajemen seperti laporan keuangan yang perlu dilengkapi dengan pengeluaran usaha tidak hanya laporan keuangan penjualannya, tetap meningkatkan kualitas produk dan tetap menjalankan usaha berdasarkan prinsip Islam. Kata Kunci: UKM, SWOT, Pengembangan, Ekonomi Islam.
AbstractionABSTRACT SWOT Analysis in the Strategic Development of Small and Medium Enterprises Review Islamic Economic perspective (Case Study of UD Budi Jaya, Kramat Bangkalan Village) . The role and development of UKM has a strategic value in strengthening the national economy of the people's economy. But in its development UKM face many problems that originate from external and internal factors that greatly affect the development of the business. Various kinds of efforts made by the industry to maintain its business, both in terms of strengths and weaknesses and threats from various other businesses, this encourages every business to have a good strategy in the industry for business development in order to be able to compete. This study aims to analyze the external and internal factors that become opportunities, threats, strengths and weaknesses possessed by UD Budi Jaya, then formulate alternative business development strategies that can be applied that can be applied. A n Review the economic perspective of Islam aimed to analyze the business carried seesu ai with the principles of Islam. This research is a qualitative research, with a descriptive analysis approach. The data used in this study are primary data and secondary data. Primary data was obtained through interviews with several employees, salak farmers and business owners . Secondary data can be obtained through journals, books, articles and other references which discuss SWOT analysis in business development strategies . The method of data analysis is done through data reduction, data presentation, and then verified conclusions. Based on the results of the research that business development strategies that can be applied in the development of UD Budi Jaya namely marketing systems by actively promoting through social media, developing training for employees, improving management such as financial reports that need to be supplemented by business expenses not only financial sales reports, while still improving product quality and continuing to run businesses based on Islamic principles. Said Key : UKM, SWOT, Development, Islamic Economics.