Detail Karya Ilmiah
-
Preferensi Konsumen Pada Pembelian Produk Berdasarkan Label Halal (Studi Kasus Toko Vanilla Lapis Kukus Kediri)Penulis : Fitria Nur HidayatiDosen Pembimbing I : Dzikrulloh., S.E.I., M.S.E.IDosen Pembimbing II :Abstraksi
ABSTRAK Banyaknya produk yang dijual di toko Vanilla Lapis Kukus Kediri ini membuat masyarakat bingung karena harga dan varian rasa hampir sama. Meskipun harga dan varian rasanya hampir sama, tetapi tidak semua produk yang dijual disana memiliki sertifikasi label halal. Sebagai seorang muslim memang seharusnya mengkonsumsi produk yang sudah jelas halal, apalagi produk makanan. Karena makanan merupakan kebutuhan pokok kita. Kewajiban untuk mengkonsumsi produk halal inilah yang mendasari peneliti melakukan penelitian tentang bagaimana preferensi pembelian produk berdasarkan label halal pada toko Vanilla Lapis Kukus Kediri. Penelitian ini dilakukan di toko vanilla Lapis kukus Kediri yang terletak di Jl. Hayam Wuruk, Kota Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana preferensi pembelian konsumen pada produk berdasarkan label halal pada toko Vanilla Lapis Kukus Kediri. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dengan menyiapkan dahulu pertanyaan yang akan dijawab oleh narasumber. Dengan jumlah 40 konsumen dengan menggunakan metode wawancara untuk mengetahui jawaban narasumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masyarakat muslim di daerah Kediri tidak semuanya membeli produk yang berlabel halal. Tidak sedikit dari mereka yang lebih mementingkan harga dan varian rasanya saja, tanpa memperdulikan label halal. Kata kunci: Preferensi Konsumen, Label Halal.
AbstractionABSTRACK The large number of products sold at the Vanilla Lapis Kukus Kediri store makes people confused because the prices and taste variants are almost same. Although the price and variants taste almost same, but not all products sold there have halal label certification. As a Moslem, he should consume products that are clearly halal, especially food products. Because food is our basic need. The obligation to consume halal products is what underlies researchers to research on how to purchase product preferences based on halal labels at the Vanilla Lapis Kukus Kediri store. This research was conducted at the Lapis kukus steamed Kediri store located on Jl. Hayam Wuruk, Kediri City. This study discusses consumer purchasing preferences on products based on halal labels at the Vanilla Lapis Kukus Kediri store. This research uses the interview method by using questions that will be answered by the speakers. With a total of 40 consumers using the interview method to find out the interviewees. The results of this study indicate that not all Moslem communities in Kediri buy products labeled as halal. Not a few of them are more concerned with price and taste variants, without thinking about halal label. Keywords: Community Preferences, Halal Label.