Detail Karya Ilmiah
-
Z-mart Dalam Program Zakat Community Development Sebagai Upaya Pemberdayaan Terhadap Mustahik (Studi Kasus Pada BAZNAS Kabupaten Tuban)Penulis : IstiqomahDosen Pembimbing I : Firman Setiawan, S.H.I., M.E.I.Dosen Pembimbing II :-Abstraksi
Penelitian dengan judul “Z-mart Dalam Program Zakat Community Development Sebagai Upaya Pemberdayaan Terhadap Mustahik (Studi Kasus Pada BAZNAS Kabupaten Tuban)” merupakan bentuk pemberdayaan yang dilakukan oleh Baznas Kabupaten Tuban dengan perantara komunitas didesa dengan mengintegrasikan aspek dakwah, ekonomi, pendidikan dan kemanusiaan secara komprehensif, dalam hal ini diimplementasikan melalui program Z-mart. Z-mart merupakan sebutan untuk toko zakat yang dikembangkan oleh Baznas, dengan maksud untuk mengurangi kemiskinan serta mengembangkan usaha mikro dengan modal dari dana zakat, dengan demikian dana zakat lebih bermanfaat untuk membangkitkan kondisi perekonomian para mustahik. Upaya pemberdayaan ini akan dianalisis dengan teori indikator pemberdayaan. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui upaya pemberdayaan yang dilakukan oleh Baznas Kabupaten Tuban, sudah sesuai dengan indikator pemberdayaan atau tidak sesuai dengan indikator pemberdayaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah Baznas Kabupaten Tuban dan Mustahik Z-mart Al-Qurba Jatirogo, sedangkan objek penelitian ialah pemberdayaan yang dilakukan Baznas Kabupaten Tuban melalui program Z-mart. Sumber data yang digunakan yakni data primer dan data sekunder, pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan bahwa upaya pemberdayaan yang dilakukan oleh Baznas Kabupaten Tuban melalui program Z-mart sesuai dengan indikator pemberdayaan, yakni dengan berkurangnya jumlah penduduk miskin, berkembangnya usaha peningkatan pendapatan mustahik, meningkatnya kepedulian mustahik dan meningkatnya kemandirian mustahik. Kata Kunci: Pemberdayaan Mustahik, Z-mart.
AbstractionThis research entitles “Z-mart in the Zakat Community Development Program as the Effort of Empowerment to Mustahik (A Case Study at the Baznas Tuban Regency)” is a system of empowerment which is organised by Baznas Tuban Regency with the community agency in the village by integrating aspect of dakwah, economy, education, and humanity comprehensively, in this case, it is implemented through the Z-mart program. Z-mart is a name for Zakat shop that developed by Baznas, the intention is to reduce the poverty by developing the micro business with financial capital from Zakat fund, therefore Zakat fund is more useful for improving economic conditions of Mustahik. The effort of empowerment will analyse by using the theory of empowerment indicator. This is intended to find out the effort of empowerment which is organised by Baznas Tuban Regency, it has been appropriate to the empowerment indicator or not. The method which is used in this research is a qualitative descriptive approach with the research subject Baznas Tuban Regency and Mustahik of Z-mart Al-Qurba Jatirogo, meanwhile the object of this research is an empowerment that is organised by Baznas Tuban Regency through the Z-mart program. The source of data which is used is primary data and secondary data, in collecting the research data uses interview technique and documentation. The obtained data is analysed by using data reduction, data presentation, and drawing conclusion. The result of this research is based on the discussion, it can be concluded that the effort of empowerment which is organised by Baznas Tuban Regency through the Z-mart program is appropriate to the empowerment indicator, that is decreasing the number of poor society, improving the business to increase Mustahik’s income, increasing Mustahik’s sympathy and increasing Mustahik’s independence. Keywords: The Empowerment of Mustahik, Z-mart. ?