Detail Karya Ilmiah
-
Analisis Literasi Halal Pada Pelaku UMKM di Kabupaten BangkalanPenulis : zahrotun FirdausDosen Pembimbing I : Lailatul Qadariyah, S.H.I., M.E.I.Dosen Pembimbing II :Abstraksi
ABSTRAK Penelitian dengan judul “Analisis Literasi Halal pada Pelaku UMKM di Kabupaten Bangkalan” ini bertujuan untuk mengenalisis seberapa paham dan mengerti pelaku UMKM di Kabupaten Bangkalan tentang pengertian halal terhadap produk-produk yang dijualnya. Kehalalan suatu produk menjadikan kebutuhan yang wajib bagi umat Islam, baik itu pangan, obat-obatan, maupun barang yang dikonsumsi lainnya. Produk halal tidak hanya diminati oleh orang muslim saja tetapi juga on muslim, sebab makanan yang halal sudah pasti sehat. Banyaknya produk yang belum bersertifikat halal yang mengakibatkan konsumen terutama konsumen yang muslim sulit membedakan mana produk yang benar-benar halal untuk dikonsumsi yang sesuai dengan syariat Islam dengan produk yang tidak halal. Dalam penelitian ini pemahaman pelaku UMKM pada halal atau tidaknya suatu produk masuk dalam kategori literasi cukup baik (sufficient Literate), hal ini dapat dibuktikan dari 25 informan pelaku UMKM di Kabupaten Bangkalan ini, mereka semua mengerti, paham dan dapat mendefinisikan apa itu halal, akan tetapi mereka tidak selalu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari salah satunya adalah bahan yang dibeli untuk sebuah produk dan belum mempunyai sertifikasi halal. Dalam artian mereka mengerti akan adanya halal akan tetapi produk UMKM yang mereka produksi tidak memiliki sertifikasi halal. Kata Kunci :Literasi Halal, UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).
AbstractionABSTRACT The study with the title "Halal Literacy Analysis of SMEs (Small and Medium Enterprises) in Bangkalan Regency" aims to identify how understanding and understanding of SMEs (Small and Medium Enterprises) in Bangkalan Regency is about halal understanding of the products it sells . The halt of a product makes it a mandatory requirement for Muslims, be it food, medicine, or other consumed goods. Halal products are not only in demand by Muslims but also on Muslims, because halal food is definitely healthy. The number of products that have not been certified as halal has made it difficult for consumers, especially Muslim consumers, to distinguish between products that are truly halal for consumption in accordance with Islamic law and non-halal products. In this study, the understanding of SMEs (Micro Small and Medium Enterprises) in whether or not halal a product is included in the category of literacy is quite good (sufficient Literate), this can be proven from 25 informants of MSME (Small and Medium Enterprises) in this Bangkalan Regency , they all understand, understand and can define what is halal, but they do not always apply it in everyday life, one of which is material purchased for a product and does not yet have halal certification. In the sense that they understand that there is a halal, but the products of SMEs (Micro, Small and Medium Enterprises) that they produce do not have halal certification. Keywords: Halal Literacy, UMKM (Micro, Small and Medium Enterprises).