Detail Karya Ilmiah
-
TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP METODE PROMOSI GIVEAWAY DI INSTAGRAM (IMPLEMENTASI AKAD JU'ALAH)Penulis : DEVI KARTIKA SARIDosen Pembimbing I : RUDI HERMAWAN, S.HI., M.SI.Dosen Pembimbing II :Abstraksi
Jurnal yang berjudul Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap Metode Promosi Giveaway di Instagram (Implementasi Akad Ju‘a>lah) ini merupakan penelitian lapangan untuk mejawab pertanyaan bagaimana praktik metode promosi giveaway di instagram serta untuk mengetahui bagaimana tinjauannya dalam fiqh muamalah (implementasi akad Ju‘a>lah). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analisis dengan memberikan gambaran atas permasalahan yang terjadi di lapangan, yang selanjutnya dianalisis untuk menghasilkan kesimpulan. pendekatan yang digunakan adalah normatif empiris yang berpedoman pada ketentuan hukum Islam. Teknik analisis data diperoleh melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik metode promosi giveaway di instagram sesuai dengan salah satu akad dalam Islam yaitu akad ju‘a>lah yang rukun dan syaratnya telah terpenuhi. Akan tetapi terdapat ketidakpastian dalam hal pemilihan pemenang, sehingga tergolong dalam unsur gharar. Kata kunci : Giveaway, Fiqh Mumalah, Ju‘a>lah
AbstractionThe journal entitled review of Fiqh Muamalah against the giveaway of promotion methodology on Instagram (Implementation of Akad Ju‘a>lah). This analysis to answer the question about, however the application of giveaway promotion on Instagram and to seek out, the review in muamalah fiqh (implementation of akad Ju‘a>lah). This study uses qualitative analysis with the sort of field analysis that's descriptive analysis by providing a summary of the issues that occur within the field, that are then analyzed to provide conclusions. The approach used is normative empirical supported the provisions of syari’a law. Knowledge analysis techniques were obtained through observation, interviews, and documentation. The results of this study concluded that the application of the giveaway promotion methodology on Instagram is in accordance with one amongst the contracts in Islam, particularly akad ju‘a>lah are main and requiremant of fulfilled. But have not sure in term of the choosen of winner, moreover as clasified in element of gharar. Keywords: Giveaway, Fiqh Muamalah, Ju‘a>lah