Detail Karya Ilmiah

  • IMPLEMENTASI AKAS SYIRKAH DALAM BISNIS IKLAN PADA YOUTUBE ?DENGAN SISTEM COST PER CLICK (CPC)?
    Penulis : Saiful Ihwan
    Dosen Pembimbing I : Ach Mus’if., S.H.I., M.A ?
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Penelitian skripsi ini berjudul “Implementasi Akad Syirkah Dalam Bisnis Iklan Pada ?Youtube dengan Sistem Cost Per Click (CPC)” dilatar belakangi pekembangan teknologi ?informasi saat ini diyakini sebagai salah satu aspek pembangunan peradaban manusia salah ?satunya adalah bisnis iklan pada youtube. Dalam dunia digital periklanan diartikan sebagai salah ?satu aktifitas untuk mengumumkan suatu produk. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk ?mengetahui praktek bisnis iklan pada youtube dengan sistem cost per click dan mengetahui ?implementasi Islam terhadap praktek praktek bisnis iklan pada youtube dengan sistem cost per ?click . ? Untuk mengetahui praktek bisnis iklan pada youtube dengan sistem cost per click maka ?peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif diskriptif dengan jenis penelitian yang ?digunakan adalah library research (penelitian kepustakaan), dan menggunakan pendekatan ?yuridis normatif, bertujuan untuk memahami bisnis iklan pada youtube dengan sistem cost per ?click.? Berdasarkan Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa praktek kerja iklan pada ?youtube diawali dengan pembuatan akun oleh youtuber kemudian setelah itu pihak youtuber ?harus memenuhi persyaratan 4000 ribu jam tayang dan 1000 ribu subscriber maka selanjutntya ?apabila persyaratan tersebut telah tercapai selanjutnya channel ditautkan ke google adsanse untuk ?mendapatkan iklan dari google adsense yang ditampilkan oleh perusahaan youtube sehingga akan ?mendapatkan bagi hasil dengan rincian 55% untuk youtuber dan 45%. Prektek bisnis iklan di ?youtube tidak bertentangan dengan Hukum Islam dan merupakan akad yang sah. Bisnis iklan ?pada youtube dengan sistem CPC ini sudah memenuhi syarat yang ada pada rukun hanya saja ?terdapat ketidak jelasan dalam hal jumlah uang yang diperoleh oleh perusahaan youtube karena ?ini dirahasiakan oleh perusahaan youtube.? Kata Kunci: Syirkah Abdan, Cost Per Click, Tinjauan Hukum Islam.?

    Abstraction

    The study of this thesis is entitled " The Implementation of Syirkah Agreement in ?Advertising Business on YouTube with a Cost Per Click (CPC) System" with the current ?background of the development of information technology is believed to be one aspect of the ?development of human civilizations, one of them is advertising business on YouTube. In the ?digital world, advertising is defined as one of the activities to announce a product. The purpose ?of this study is to find out the business practices of advertising on YouTube with a cost-per-click ?system and to find out the Islamic implementation of the advertising business practices on ?YouTube with a cost-per-click system.? In order to find out the business practices of advertising on YouTube with a cost-per-?click system, the writer used a descriptive qualitative research method with the type of research ?used was library research, and a normative juridical approach, aiming to understand the ?advertising business on YouTube with a cost-per-click system.? Based on the results of this study, it was concluded that the practice of advertising work ?on YouTube begins with creating an account by YouTuber, then they must fulfill the ?requirements of 4000 thousand broadcast hours and 1000 thousand subscribers, then if these ?requirements have been reached, then the channel is linked to Google AdSense to get ads from ?Google AdSense displayed by the YouTube company and the YouTuber will get a revenue share ?with details of 55% for YouTuber and 45% for YouTube company. The practice of advertising ?business on YouTube does not contradict Islamic law and is a legal contract. The advertisement ?business on YouTube with the CPC system has fulfilled the existing compatible requirements, ?there is only a lack of clarity in terms of the amount of money earned by the YouTube Company ?because it is classified by the YouTube company.?

Detail Jurnal