Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK An Shal Kamal
    Penulis : Karimatus Shalehah
    Dosen Pembimbing I : M Busro Karim, S.Ag., M.si
    Dosen Pembimbing II :Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi., M.Psi
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran buku cerita bergambar untuk mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun di TK An Shal Kamal. Peneliti menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Langkah yang dilalui meliputi penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba awal, revisi produk awal, uji coba lapangan utama dan revisi produk akhir. Penelitian dan pengembangan ini ditempuh dengan 4 uji coba yaitu uji coba ahli materi, uji coba ahli media pembelajaran, uji coba lapangan awal, dan uji coba lapangan utama. Subjek penelitian dan pengembangan yaitu anak usia 5-6 tahun atau kelompok B yang berjumlah 23 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (angket ahli media pembelajaran, angket materi, dan angket respon anak) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh media buku cerita bergambar dari ahli materi sebesar 75% dengan predikat “tinggi”, ahli media pembelajaran 75% dengan predikat “tinggi”, uji coba lapangan awal 83% dengan predikat “tinggi”, uji coba lapangan utama 85% dengan predikat “tinggi”. Berdasarkan hasil penelitian dan pegembangan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media buku cerita bergambar untuk mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun di TK An Shal Kamal layak digunakan. Kata kunci: media pembelajaran, buku cerita bergambar, mengenal huruf

    Abstraction

    The aim of this research to develop a media story books with picture to get to know the symbols in children aged 5-6 years at An Shal Kamal kindergarten. Researchers used a development model Borg & Gall. Steps to be taken include the research and data collection, planning, early product development, initial test; revise the initial product, the main field testing and revision of the final product. Research and development is carried out through four stages of a trial that is testing subject matter experts, instructional media expert testing, field trials beginning, and major field trials. Research and development subjects are children aged 5-6 years or group B with 23 children. The data collection technique is using a questionnaire (questionnaire subject matter experts, instructional media expert questionnaire, and the questionnaire responses of children) and documentation. The results showed that the value obtained by the picture book media from material experts was 75% with the title of “high”, learning media expert 75% with the title of “high”, initial field trials 83% with the title of “high”, main field trials 85% with the title of “high”. Based on the results of research and development that has been done, can be concluded that develop a media story books with picture to get to know the symbols in children aged 5-6 years at An Shal Kamal kindergarten worth using. Keyword: learning media, story book with picture, recognize letters

Detail Jurnal