Detail Karya Ilmiah

  • EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE MONTESSORI UNTUK MENSTIMULASI KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK KELOMPOK A MELALUI KEGIATAN BERKEBUN DI TK AZ ZAHROH LABANG BANGKALAN
    Penulis : EKA AGUSTIN HARNI ANIDA PUTRI
    Dosen Pembimbing I : SITI FADJRYANA FITROH,S.Psi.,MA
    Dosen Pembimbing II :DWI NURHAYATI ADHANI,S.Psi.,M.Psi
    Abstraksi

    Efektivitas Penerapan Metode Montessori Untuk Menstimulasi Keterampilan Proses Sains Anak Kelompok A Melalui Kegiatan Berkebun di TK Az Zahroh Labang Bangkalan Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efekivitas penerapan Metode Montessori Untuk Menstimulasi Proses Sains Anak Kelompok A. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah anak ke kelompok A di TK Az Zahroh Labang yang terdiri dari 20 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus liliefors. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Metode Montessori untuk mensimulasi proses sains anak dengan kegiatan berkebun rata-rata 3,4 dengan deskriptif presentase 68%. Kata Kunci : Berkebun,Metode Montessori, Keterampilan Proses Sains Anak Kelompok A.

    Abstraction

    The application efectivity of Montessori Method to Stimulate Children’s Science Process Skills of group A through Gardening Activities at Az Zahroh Kindergarten Labang Bangkalan The purpose of this research was to determine the application efectivity of the Montessori Method to Stimulated children’s science process skills of Group A. This reseach used a descriptive quantitative approach. The subjects of this research is a group A at Az Zahroh Kindergarten Labang which amounts 20 children. Data collection techniques used structured observation and documentation. Data analysis techniques used normality test with the formula Liliefors. The results of this research indicated that the application of Montessori Method to simulate d children’s science process skill with gardening activities is on average 3.4 with a descriptive percentage of 68%. Based on the results of the research, gardening activities are effective to applied the Montessori method to stimulated children’s science process skills of group A at Az Zahroh Kindergarten Labang Bangkalan. Keywords: Gardening, Montessori Method, Group A. Children's Science Process Skills.

Detail Jurnal