Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Bermain Paralel dengan Aplikasi Paint Terhadap Perkembangan Perilaku Prososial Anak Kelompok A di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 22 BalongpanggangPenulis : Nur HidayantiDosen Pembimbing I : Titin Faridatun Nisa’, S.Pd.,M.Pd.Dosen Pembimbing II :Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi.,M.Psi.Abstraksi
Nur Hidayanti. 2019. Pengaruh Bermain Paralel dengan Aplikasi Paint Terhadap Perkembangan Perilaku Prososial Anak Kelompok A di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 22 Balongpanggang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing : Titin Faridatun Nisa’, S.Pd.,M.Pd. dan Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi.,M.Psi. ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh bermain paralel dengan aplikasi paint terhadap perkembangan perilaku prososial anak kelompok A di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 22 Balongpanggang. Bermain merupakan suatu metode yang sering digunakan guru dalam mempermudah penyampaian materi dan memiliki beberapa tahapan. Tahapan bermain yang diteliti dalam permainan ini ialah bermain paralel dengan aplikasi paint yang digunakan untuk menstimulus perkembangan perilaku prososial anak, khususnya dalam aspek empati, murah hati, dan kerja sama. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Quasi Experiment dan jenis One Group Time Series Design. Subyek penelitian ini adalah kelompok A di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 22 Balongpanggang sebanyak 12 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi non-partisipan, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi berupa foto dan RPPH. Pengolahan data menggunakan analisis data uji-t. Hasil analisis data diperoleh t_hitung sebesar -6,27 dan t_tabel sebesar 2,074, maka -t_tabel > t_hitung (-2,074 > -6,27). Berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada perilaku prososial anak kelompok A di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 22 Balongpanggang antara sebelum dan sesudah dilakukan treatment bermain paralel dengan aplikasi paint. Kata Kunci : bermain paralel dengan aplikasi paint, perilaku prososial, anak kelompok A Taman Kanak-Kanak.
AbstractionNur Hidayanti. 2019. The Effect of Parallel Play with Paint Apllication On The Development of Children’s Prososcial Behaviour Of Group A in Kindergarten ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 22 Balongpanggang. Thesis. Early Childhood Education Teacher Education Departement. Education Sciene Faculty. University of Trunojoyo Madura. Guide : Titin Faridatun Nisa’, S.Pd.,M.Pd. dan Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi.,M.Psi. ABSTRACT The purpose of this study was to determine the effect of parallel play with paint applications on the development of prosocial behavior of group A in Kindergarten ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 22 Balongpanggang. Playing is a method which is often used by teacher to explain the lesson easter and has some levels. The researched level in this game is playing parallel with the paint application it is used to stimulate development of children's prosocial behavior, especially in empathy, humble, and cooperation aspect. This study used quantitative methods with Quasi Experiment and One Group Time Series Design. The subjects of this study are 12 children group A in Kinderganten ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 22 Balongpanggang. The technique of collecting data through non-participant observation, unstructured interviews, and documentation in the form of photos and plans of daily learning. Data processing uses t-test data analysis. The result of data analysis obtained by tcount value is -6.27 and ttable value is 2.074, then -ttable>tcount (-2.074>-6.27). Based on the analysis of the data shows that there are significant differences in the prosocial behavior of group A children in Kinderganten ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 22 Balongpanggang between before and after the treatment is playing in parallel with the paint application. Keywords : parallel play with paint apllication, prosocial behaviour, group A kindergarten.