Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Metode Bercakap - cakap terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia 4-5 Tahun Di TK AL Hikmah, KAMAL
    Penulis : Defrika Chamilaini
    Dosen Pembimbing I : Busyro Karim,S.Ag, M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Siti Fadjryana Fitroh, S. Psi., M.A.
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode bercakap-cakap terhadap kemampuan menyimak anak usia 4-5 tahun di Tk Al-Hikmah, Kamal. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimental dengan desain penelitian pretest-posttest, subjek penelitian anak Kelompok A TK Al Hikmah, Kamal usia 4-5 tahun sebanyak 12 anak yang dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan uji wilcoxon karena data berdistribusi tidak normal. Hasil yang diperoleh adalah nilai Thitung = 1,07, dan nilai Ttabel = 14 dengan n =12, ā€œnā€ merupakan jumlah sampel yang berada di tabel wilcoxon, sampel berjumlah 12 anak, sehingga Thitung < Ttabel ( 1,07 < 14) hal ini menjadikan Ha diterima pada taraf signifikasi 5% (0,5). Analisis data tersebut menunjukkan pengaruh metode bercakap-cakap terhadap kemampuan menyimak anak usia 4-5 tahun sebanyak 70% yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara metode bercakap-cakap (tanya-jawab) terhadap kemampuan menyimak anak usia 4-5 tahun di TK Al-Hikmah, Kamal.

    Abstraction

    The purpose of this study aims to determine the effect of the conversational method on the ability to listen to children aged 4-5 years at Tk Al-Hikmah. This study uses quantitative research using experimental research designs with a pretest-posttest. The Subjects of this study were 12 children in Group A of Al-Hikmah, Kamal Kindergarten aged 4-5 years as samples. Data collection techniques using test Wilcoxon because the data distribution is not normal. The results obtained are the value of tcount = 0, and the value of ttable = 89 with N = 89, N is the number of samples that are in the table Wilcoxon. Samples amounted to 25 so that tcount < ttable this makes Ha accepted at a significant level of 5%. Analysis of these data shows that there is a significant influence between guided inquiry on children's creativity. The effect is 49%, which means that the contribution of guided inquiry learning strategies is 70% of the ability to listen to children aged 4-5 years at Tk Al-Hikmah, Kamal.

Detail Jurnal