Detail Karya Ilmiah

  • Hubungan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) Dengan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Pratiwi Kamal
    Penulis : Kensari Andriana
    Dosen Pembimbing I : Dewi Mayangsari, S.Psi.,M.Psi
    Dosen Pembimbing II :Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi.,MA
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) dengan kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun di TK Pratiwi Kamal. Metode dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan Korelasi Pearson Product Moment. Adapun pengujian persyaratan analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Pemilihan sampel menggunakan sampling jenuh dengan jumlah 13 responden yaitu 4 laki-laki dan 9 perempuan. Penilaian model pembelajaran PAKEM dan kemampuan mengenal huruf ini menggunakan observasi dan dokumentasi kegiatan. Lembar observasi dengan kriteria penilaian BB (Belum Berkembanga), MB (Mulai Berkembang), BSH (Berkembang Sesuai Harapan), BSB (Berkembang Sangat Baik). Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa HO ditolak dalam uji hipotesis. Hal ini dapat diketahui bahwa terdapat hubungan antara model pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) dengan kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun di TK Pratiwi Kamal, yang dinyatakan dengan nilai r sebesar 0,77 dan nilai KP sebesar 59,29 %. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil interpretasi koefisien korelasi nilai r tingkat hubungannya kuat dan nilai KP sebesar 59,29%, yang menunjukkan bahwa hubungan antara variabel model pembelajaran PAKEM dengan kemampuan mengenal huruf memiliki hubungan yang kuat.

    Abstraction

    This study aims to find out how the relationship between the active, creative, effective and fun learning model (PAKEM) with the ability to recognize the letters of children aged 4-5 years at Pratiwi Kamal Kindergarten. The method of this study is quantitative with the Pearson Product Moment Correlation approach. The test requirements for data analysis in this study using the the normality test and linearity test. The selection of samples used saturated sampling with a total of 13 respondents namely 4 boys and 9 girls. The assessment of the PAKEM learning model and the ability to recognize these letters uses observation and documentation of activities. The observation sheet with assessment criteria of BB (Not developing), MB (Start Developing), BSH (Developing according to Expectations), BSB (Developing Very Good). Based on the results of calculations that have been done, it can be seen that HO is rejected in the hypothesis test. It can be seen that there is a relationship between the active, creative, effective, and enjoyable learning model (PAKEM) with the ability to recognize the letters of children aged 4-5 years in Pratiwi Kamal Kindergarten, which are expressed with r values of 0.77 and KP values of 59,29%. So, it can be concluded that the results of the correlation coefficient interpretation of the value of the level of r are strong and the KP value is 59.29%, which indicates that the relationship between the variables of the PAKEM learning model with the ability to recognize letters has a strong relationship.

Detail Jurnal