Detail Karya Ilmiah
-
Komunikasi Verbal Anak Kembar (Studi Kasus: pada Anak Kembar Monozygot di TK Seruni Perumnas Kamal)Penulis : Annisa Susi RusdianaDosen Pembimbing I : Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi, M.Psi.Dosen Pembimbing II :Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi, MA.Abstraksi
Annisa Susi Rusdiana. 2019. Komunikasi Verbal Anak Kembar (Studi Kasus: pada Anak Kembar Monozygot di TK Seruni Perumnas Kamal). Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing: Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi, M.Psi dan Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi, MA. ABSTRAK Anak usia dini kembar merupakan anak yang berusia 0 – 6 tahun yang lahir secara bersamaaan, terdapat dua tipe anak kembar yaitu identik (monozygot) dan non identik (fraternal). Anak kembar memainkan peran unik dalam studi mengenai komunikasi. Berdasarkan hasil analisa komunikasi verbal anak kembar identik (monozygot), peneliti menemukan bahwa meskipun anak kembar identik memiliki rupa yang sama, akan tetapi mereka merupakan individu berbeda yang mengalami proses kemajuan dalam berkomunikasi tidak bersamaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, dengan teknik pengumpulan data menggunakan hasil observasi dan wawancara. Objek penelitian ini adalah satu pasang anak kembar identik (monozygot) dalam berkomunikasi verbal lisan. Hasil penelitian ini di temukan bahwa: (1) Komunikasi verbal lisan anak kembar mengalami kemajuan dari awal semester satu hingga sekarang. (2) Anak kembar merespon komunikasi pada awal penelitian dengan bahasa non verbal karena mereka kurang memahami komunikasi dengan bahasa indonesia, sebagai bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi di sekolah. (3) Anak kembar subjek pertama saat ini mampu merespon komunikasi menggunakan bahasa Indonesia dan Madura, anak kembar subjek dua masih kesulitan merespon komunikasi dengan bahasa Indonesia dan terkadang menggunakan bahasa non verbal dalam berkomunikasi. Kata Kunci: Anak kembar, Komunikasi verbal, Bahasa Lisan.
AbstractionAnnisa Susi Rusdiana. 2019. Verbal Communication of Twins (Case Study: in Monozygot Twin Children in Seruni Perumnas Kamal Kindergarten). Thesis, Early Childhood Education Teacher Education Study Program, Faculty of Education. Trunojoyo Madura University. Advisor: Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi, M.Psi and Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi, MA. ABSTRACT Early childhood twins are children aged 0 - 6 years who are born together, there are two types of twins namely identical (monozygot) and non identical (fraternal). Twins play a unique role in studies of communication. Based on the results of the analysis of verbal communication of identical twins (monozygot), researchers found that although identical twins have the same appearance, they are different individuals who experience a process of progress in communicating not simultaneously. This study uses a qualitative case study approach, with data collection techniques using the results of observations and interviews. The object of this research is one pair of identical twins (monozygot) in verbal verbal communication. The results of this study found that: (1) the verbal verbal communication of twins progressed from the beginning of the first semester to the present. (2) Twins respond to communication at the beginning of research with non-verbal language because they do not understand communication with Indonesian, as the language used to communicate in school. (3) First subject twins are currently able to respond communication using Indonesian and Madura, second subject twins are still having difficulty responding to communication in Indonesian, twins of the second subject were still having difficulty responding to communication Indonesian and sometimes using non verbal language in communication. Keywords: Twins, Verbal communication, Spoken language.