Detail Karya Ilmiah
-
HUBUNGAN BERMAIN ALAT MUSIK ANGKLUNG DENGAN KEMAMPUAN KERJA SAMA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 09 SOCAHPenulis : ARINTA APRILYA ROHMAWATIDosen Pembimbing I : DEWI MAYANGSARI,S.PSI.,M.PSIDosen Pembimbing II :MUHAMMAD BUSYRO KARIM,S.AG.,M.SIAbstraksi
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara bermain alat musik angklung dengan kemampuan kerja sama pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 09 Socah. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif menggunakan pendekatan Korelasional dengan rumus Korelasi Pearson Product Moment. Adapun pengujian persyaratan analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Pemilihan sampel menggunakan sampling jenuh dengan jumlah 12 responden yaitu 12 anak laki-laki. Teknik pengunpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi kegiatan. Lembar observasi menggunakan kriteria penilaian BB (Belum Berkembang), MB (Mulai Berkembang), BSH (Berkembang Sesuai Harapan), BSB (Berkembang Sangat Baik). Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa H0 ditolak pada uji hipotesis. Hal ini dapat diketahui bahwa ada hubungan antara bermain alat musik angklung dengan kemampuan kerja sama pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 09 Socah dinyatakan dengan nilai r sebesar 0,91 dan nilai KP sebesar 82,81%, sehingga menunjukkan bahwa hubungan antara bermain alat musik angklung dengan kemampuan kerja sama memiliki hubungan yang sangat kuat. Kata kunci: Anak Kelompok B, Bermain Alat Musik Angklung, Kemampuan Kerja Sama
AbstractionABSTRACT This study aimed to find out how the relationship between playing angklung musical instruments and the ability to cooperate with group B children in TK Aisyiyah Bustanul Athfal 09 Socah. This research method was quantitative using the correlational approach with the Pearson Product Moment Correlation formula. The test requirements for data analysis in this study were using the normality test and linearity test. The selection of samples using saturated sampling with the number of 12 boys as respondents. The technique of collecting data used observation and documentation of activities. The observation sheet used the BB assessment criteria (Not Developing), MB (Starting to Develop), BSH (Developing according to Expectations), and BSB (Developing very Well). Based on the results of calculations which have been done, it can be seen that H0 was rejected in the hypothesis test. It can be seen that there was a relationship between playing angklung musical instruments and cooperative ability in group B children in TK Aisyiyah Bustanul Athfal 09 Socah expressed with an R-value of 0.91 and a KP value of 82.81%, thus indicating that the relationship between playing angklung musical instruments with cooperative ability have a very strong relationship. Keywords: Group B, Playing Angklung Musical Instruments, Cooperation Ability