Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Melalui Gambar Benda Sebagai Stimulasi Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun Di TK PGRI 4 Kamal
    Penulis : Rahma Suci Herdita
    Dosen Pembimbing I : Dewi Mayangsari, S.Psi.,M.Psi
    Dosen Pembimbing II :M.Busyro Karim, S.Ag.,Msi
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi melalui gambar benda sebagai stimulasi kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun di TK PGRI 4 Kamal. Peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE (Analiysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan 5 tahap : uji coba ahli isi/materi, uji coba ahli media pembelajaran, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar. Subjek penelitian yaitu anak usia 4-5 tahun di TK PGRI 4 Kamal yang berjumlah 33 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh video animasi dari: Ahli Isi/Materi sebesar 91,66% dengan kualifikasi “sangat tinggi”, Ahli Media Pembelajaran 91,42% dengan kualifikasi “sangat tinggi”, Uji Coba Perorangan sebesar 90,46% dengan kualifikasi “sangat tinggi”, Uji Coba Kelompok Kecil sebesar 92,06% dengan kualifikasi “sangat tinggi”, Uji Coba Kelompok Besar 93,74% dengan kualifikasi “sangat tinggi”. Video animasi yang dikembangkan ini memiliki nilai efektivitas, efisiensi, dan daya tarik yang tinggi sebagai media pembelajaran berbasis video animasi melalui gambar benda sebagai stimulasi kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun di TK PGRI 4 Kamal.

    Abstraction

    The aim of this study to develop an animated video based learning media through images of objects as the stimulation of the ability to learn the letters of children aged 4-5 years in kindergarten PGRI 4 Kamal.Research is used ADDIE development model (analiysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). In this study used 5 stages:expert test content/materials, instructional media expert testing, individual testing, the small group trial, the big trial group. The subject of this research that children aged 4-5 years in kindergarten PGRI 4 Kamal amount 33 children. The results showed that the values obtained from the animated video: expert content/content amounted to 91.66% with the qualification of "very high", expert media education 91.42% with qualification "very high" Individual Trial of 90.46% with qualification "very high", trial small group of 92,06% with the qualification of "very high", trial large group 93.74% with qualification "very high". Developed an animated video that has a value of effectively, efficiency, and a high attractive as an animated video based instructional media through the pictures objects as stimulation of the ability to learn the letters of children aged 4-5 years in kindergarten PGRI 4 Kamal.

Detail Jurnal