Detail Karya Ilmiah
-
Hubungan Aktivitas Bermain Bebas Dengan Perkembangan Emosional Anak Kelompok B DI PAUD Nurul Hidayah Tajungan Tahun 2019Penulis : Diah Ayu AgustinDosen Pembimbing I : Dewi Mayangsari, S.Psi., M.Psi.Dosen Pembimbing II :Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi., MA.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui derajat keeratan atau hubungan antara dua variabel yaitu, aktivitas bermain bebas dengan perkembangan emosional anak kelompok B. Penelitian ini dilakukan di PAUD Nurul Hidayah Tajungan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis asosiatif. Sampel yang digunakan, yaitu 18 anak kelompok B di PAUD Nurul Hidayah Tajungan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis korelasi pearson product moment dengan taraf signifikan 0,05 atau 5%. Berdasarkan data yang diperoleh hasil penelitian aktivitas bermain bebas didominasi dengan kategori tinggi (77,8%). Hasil penelitian perkembangan emosional anak didominasi dengan ketegori tinggi (72,2%) khususnya kemampuan mengenal emosi diri dengan persentase sebesar 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara aktivitas bermain bebas dengan perkembangan emosional anak. Hal ini diketahui dari hasil data korelasi pearson product moment diperoleh hasil korelasi r_hitung sebesar 0,911 dan r_tabel sebesar1,746 sehingga t_hitung>t_tabel atau 8,84>1,746, maka H_0 ditolak. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara aktivitas bermain bebas dengan perkembangan emosional anak kelompok B di PAUD Nurul Hidayah Tajungan dengan persentase hubungan sebesar 83%. Kata Kunci : Anak Kelompok B, Aktivitas Bermain Bebas, Perkembangan Emosional
AbstractionThis research aims to find out correlation of two variables: free playing activity to emotional development of B group students . This research was conducted in Nurul Hidayah Preschool Tajungan by using qualitative-associative research. The sample is taken from 18 students B group of the school. Techniques of collecting data are observation and documentation. Then, the data is analyzed used pearson product moment correlative analysis with significant level 0.05 or 5%. The findings free playing highly dominated (77.8%). Meanwhile, child emotion was (72.2%), especially capability to recognize personal emotion with 100%. It shows there is significance between free playing activities to child emotion. It is proved by pearson product moment’s result rcalculated is 0.911 and rtable is 1.746. Thus, tcalculated > ttable is 8.84 > 1.746. Thus, H0 is denied. It is concluded there is correlation between free playing activities to child emotion, proved by the percentage 83%. Keywords: B Group Students, Free playing activities, Emotional Development