Detail Karya Ilmiah

  • Hubungan Metode Bercerita Fabel Dengan Sosial-Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Di TK PGRI 04 Kamal
    Penulis : Ita Iriyanti
    Dosen Pembimbing I : Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi,.M.Psi
    Dosen Pembimbing II :Muhammad Busyro karim, S.Ag.,M.Si
    Abstraksi

    Hubungan Metode Bercerita Fabel Dengan Sosial-Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Di TK PGRI 04 Kamal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan metode bercerita fabel dengan sosial-emosional anak usia 4-5 tahun di TK PGRI 04 Kamal, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan. Metode bercerita fabel ini dapat dapat membantu anak dalam sosial-emosional pada usia 4-5 tahun. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi pearson product moment. Pemilihan sampel menggunakan sampling jenuh dengan jumlah 25 responden. Hubungan motode bercerita fabel dan sikap sosial-emosional anak menggunakan lembar observasi dan dokumentasi anak dengan kriteria BB, MB, BSH, dan BSB. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara metode bercerita fabel dengan sikap percaya diri anak usia 4-5 tahun di TK PGRI 04 Kamal. Hasil analisis data korelasi Pearson Product Moment diperoleh sebesar rhitung = -0,98 dengan besar sumbangan dari percaya diri anak yaitu KP = r² × 100% = (0,2)² × 100% = 0,04%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa metode bercerita fabel tidak terdapat hubungan yang signifikan dengan sosial-emosional anak usia 4-5 tahun di TK PGRI 04 Kamal. Kata kunci: Metode Bercerita Fabel, Sosial-Emosional Anak, Usia 4-5 Tahun.

    Abstraction

    The Relation Of The Fabel Story Method With Sosial-Emotional Children Age 4-5 Years In TK PGRI 04 Kamal. This study aims to determine the relationship of the fable storytelling method with sosial-emosional of children aged 4-5 years at TK PGRI 04 Kamal, Kamal District, Bangkalan Regency. This fable storytelling method can help children in their confidence at the age of 4-5 years. This research method uses quantitative research methods with person product moment correlation approach. The sample selection uses saturated sampling with a total of 25 respondents. The relationship between the fable storytelling method and the child’s self confidence uses a child’s observation sheet with BB, MB, BSH, and BSB criteria. The result of this study indicate that there is no significant relationship between the fable storytelling method and the confidence of children aged 4-5 years at TK PGRI 04 Kamal. the result of Pearson Product Moment correlation data analysis were obtained as rcount = -0,98 with a larhe contribution from the child’s confidence, namely KP = r² × 100% = (0,2)² × 100% = 0,04%. So, it can be concluded that the fable storytelling method has no significant relationship with the confidence of children aged 4-5 years at TK PGRI 04 Kamal. Keywords: Keywords: Fable Storytelling Method, Sosial-Emosional, Ages 4-5 Years.

Detail Jurnal