Detail Karya Ilmiah

  • KEMANDIRIAN ANAK KEMBAR TIGA (STUDI DESKRIPTIF PADA ANAK KEMBAR USIA 5-6 TAHUN DI DESA SOTABAR KECAMATAN PASEAN KABUPATEN PAMEKASAN)
    Penulis : JAMILATUL HASANAH
    Dosen Pembimbing I : TITIN FARIDATUN NISA',S.PD;M.PD
    Dosen Pembimbing II :DEWI MAYANGSARI,S.Psi;M.Psi
    Abstraksi

    ABSTRAK Kemandirian adalah salah satu tugas perkembangan bagi anak usia 5-6 tahun yang harus dilatihkan agar menjadi anak yang mandiri. Bahkan, pada anak kembar karena sikap ketergantungan antara anak kembar sering terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian anak kembar 3 di sekolah dan faktor-faktor yang mendorong terbentuknya kemandirian anak. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik observasi jenis tersamar, wawancara jenis semiterstruktur dan dokumentasi. Subyek penelitian ini yaitu sepasang anak kembar 3 berjenis kelamin laki-laki usia 5-6 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan: kemandirian anak usia 5-6 tahun dilihat dari indikator yang meliputi kemampuan fisik, saling berbagi, pandai bergaul, mengendalikan emosi, percaya diri, tanggung jawab dan disiplin. Subyek pertama yang diasuh oleh Bibi menunjukkan sikap kemampuan fisik, saling berbagi, pandai bergaul, percaya diri, tanggung jawab dan disiplin. Pada subyek kedua dan ketiga yang diasuh oleh nenek menunjukkan kemampuan fisik, pandai bergaul, tanggung jawab, disiplin. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menemukan adanya perbedaan kemandirian pada ketiga anak kembar. Subyek pertama yang diasuh oleh Bibi terlihat lebih mandiri daripada subyek kedua dan ketiga yang tinggal bersama dan diasuh oleh neneknya. Faktor-faktor yang mendorong terbentuknya kemandirian anak dilihat dari faktor internal yaitu kondisi fisiologis dan psikologis. Faktor eksternal yaitu lingkungan, pola asuh, pengalaman dalam kehidupan. Kata Kunci: Kemandirian, Anak Kembar, Anak Usia 5-6 Tahun.

    Abstraction

    ABSTRACT An individuality is the one of developmental task for children aged 5-6 years who must be trained to be an independent children. Even, in twins because the dependence attitude between the twins often occur. This research purposes to find out the individuality of 3 twins in the school and factors that encourage in forming the children’s individuality. This research is done by using an approach of qualitative research and also using a descriptive method. In technique of collecting the data in this research is technique of observation in type of obscure, interview in semi-structured type, and documentation. The subject in this research is pair of 3 twins who are boys in the age 5-6 years. The result of this study shows that: An individuality of the children in age 5-6 years which are seen from several indicators such as physical skill, sharing each other, smart in interacting, managing the emotion, confidence, responsible and discipline. The first subject raised by aunt showed physical skill, sharing each other, smart in interacting, confidence, responsible and discipline. The second and third subjects raised by grandmother showed physical skill, smart in interacting, responsible and discipline.This research finds out the existence of the difference of individuality at the three twins, the first subject of the child who is cared for by their aunt looked more independent than the second subject and the third subject who lived together and cared for by their grandmother. The factors that encourage in forming the individuality of the children can be seen from the internal factor namely physiological condition. The external factor is the environment, parenting, and the life experience. Keywords: Individuality, Twins, Children Aged 5-6 Years.

Detail Jurnal