Detail Karya Ilmiah

  • Hubungan Metode Bercerita untuk Mengembangkan Perilaku Sopan Santun Anak Usia 5-6 Tahun
    Penulis : Rofiatul Musdalifa
    Dosen Pembimbing I : Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi., M.A
    Dosen Pembimbing II :Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.Si
    Abstraksi

    Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan metode bercerita untuk mengembangkan perilaku sopan santun anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan studi korelasi. Subjek pada penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK An-Shal sebanyak 15 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi partisipan dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis Korelasi Pearson Product Moment dengan taraf signifikan 0,05 atau 5%. Berdasarkan perhitungan analisis data tersebut diperoleh nilai thitung (8,5) > (1,771) ttabel, Sehingga hipotesis Ho ditolak yang berarti terdapat hubungan yang signifikan pada metode bercerita untuk mengembangkan perilaku sopan santun anak usia 5-6 tahun. Dilanjutkan dengan nilai r sebesar 0,92 yang berarti memiliki hubungan yang sangat kuat. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara metode bercerita untuk mengembangkan perilaku sopan santun anak usia 5-6 tahun. Kata Kunci : Metode Bercerita, Sopan Santun, Anak Usia 5-6 Tahun.

    Abstraction

    Abstract : The research intends to know about is the relationship of the method of storytelling to develop the behavior of courtesy children aged 5-6 years.This research uses quantitative methods with the correlation study approach. Subjects in this study were children aged 5-6 years old at play group An-Shal Kamal with 15 children. Data collection techniques in this study used participant observation and documentation. Analysis prerequisite tests include normality tests and linearity tests. Hypothesis testing using pearson product moment correlation analysis with a significance level of 0,05 or 5%. Based on the calculation of data analysis, the calculed of tcount (8,5) > (1,771)ttable, so the hypothesis Ho is rejected which means there is a significant relationship to the method of storytelling using finger puppets media with the behavior of courtesy of children aged 5-6 years. Followed by r value of 0,9 which means that it has a very strong relationship.. Based on the results of data analysis, there is a significant relationship between the method of storytelling to develop the behavior of courtesy children aged 5-6 years. Keywords : The method of storytelling, politeness, Children aged 5-6 years.

Detail Jurnal