Detail Karya Ilmiah

  • KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TKM NU 106 MATHLABUL HUDA I DUKUN GRESIK
    Penulis : KHOIRUL BARIYAH
    Dosen Pembimbing I : Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi., M.A
    Dosen Pembimbing II :Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi., M.Psi
    Abstraksi

    Abstraksi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kecerdasan Intrapersonal anak usia 4-5 tahun di TKM NU 106 Mathlabul Huda I Dukun Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 anak. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data observasi terus terang/tersamar, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi berupa foto-foto kegiatan anak di sekolah. Peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif dengan mengambarkan keadaan yang ada di dalam objek penelitian. Hasil analisis data dari gambaran kecerdasan intrapersonal anak usia 4-5 tahun setelah melakukan observasi dan wawancara didapatkan 1 anak yang memiliki kecerdasan intrapersonal yang optimal dan 2 anak yang kurang memiliki kecerdasan intrapersonal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak yang memiliki kecerdasan intrapersonal yang baik yaitu anak yang mampu memahami dirinya sebagai pribadi yang menyangkut potensi dirinya dan bagaimana cara ia mereaksi terhadap berbagi hal. Sedangkan anak yang kurang memiliki kecerdasan intrapersonal yang baik adalah kurangnya pengetahuan dalam diri, pengarahan diri dan harga diri yang akan mengakibatkan berbagai bentuk efektif dan berpengaruh pada kesehatan psikologis anak yang menimbulkan kurangnya percaya diri, serta kurang mampu mengendalikan diri. Kata kunci: Kecerdasan Intrapersonal, Anak Usia 4-5 Tahun.

    Abstraction

    Abstraction The aims of this study is to find out how Intrapersonal Intelligence of children around 4-5 years old at Mathlabul Huda I Dukun Kindergarten. This study used a descriptive qualitative approach. The subjects in this study were three children. The researcher used the technique of collecting data through observation obscurely / disguised, semi-structured interviews, and documentation in the form of photographs of children's activities at school. The researcher used techniques of analyzing descriptive data to describe the conditions that exist within the object of research. The results of analysis data from children’s intrapersonal intelligence around 4-5 years old after observed and interviewed found one child who has optimal intrapersonal intelligence and two children who lacked of intrapersonal intelligence. The results of this study indicate that children have good intrapersonal intelligence who are able to understand themselves as individuals regarding their potential and how they react to various things. Whereas children who lacked of good intrapersonal intelligence are less of self-knowladge, self-direction, and self-esteem that will give effects in any effective forms and influence the psychological health of children which lead to lack of self-confidence, and unable to control themselves. Keywords: Intrapersonal Intelligence, Children Aged 4-5 Years Old.

Detail Jurnal