Detail Karya Ilmiah

  • HUBUNGAN KOMUNIKASI ANTARA GURU DAN ANAK DENGAN KEDISIPLINAN PADA KELOMPOK B DI TK SEJAHTERA KAMAL
    Penulis : Binti Ni'matul Muthoharoh
    Dosen Pembimbing I : Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi., M.A
    Dosen Pembimbing II :Dewi Mayangsari, S.Psi., M.Psi
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi antara guru dan anak dengan kedisiplinan pada kelompok B di TK Sejahtera Kamal.. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain korelasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampel dengan jenis sampel jenuh sebanyak 16 sampel. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Lembar observasi digunakan untuk mengukur variabel disiplin anak di sekolah dan angket digunakan untuk mengukur variabel komunikasi guru dan anak. Dokumentasi berupa foto kegiatan. Teknik analisis data menggunakan korelasi Pearson Product Moment untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara komunikasi guru dan anak terhadap kedisiplinan pada kelompok B di TK Sejahtera Kamal. Hasil analisis data korelasi Pearson Product Moment diperoleh sebesar r_hitung=0,205 dengan besar sumbangan dari komunikasi antara guru dan anak yaitu KP=r^2×100%=?(0,205)?^2×100%=0,042%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa komunikasi antara guru dan anak tidak terdapat hubungan yang signifikan dengan kedisiplinan pada kelompok B di TK Sejahtera Kamal. Kata kunci: Komunikasi Antara Guru dan Anak, Kedisiplinan, Kelompok B

    Abstraction

    ABSTRACT The aim of this research to determine the correlation of communication between teachers and children with discipline of group B in Sejahtera Kamal kindergarten. This type of research is quantitative correlation design. The sampling technique used nonprobability samples with the type of saturated sample of 16 samples. Data collection techniques using observation, questionnaires, and documentation. Observation sheet used to measure variables discipline children at school and questionnaires used to measure the communication variables of teachers and children. Documentation use to photo of activities. Data were analyzed using pearson product moment correlation to test the hypothesis. The results showed that no significant relationship between teacher and child communication discipline within the group B in Sejahtera Kamal kindergarten. The result of the data analysis pearson product moment correlation was obtained for r_hitung=0,205. with a large contribution of communication between the teacher and the child ie KP=r^2×100%=?(0,205)?^2×100%=0,042%. Thus, it can be concluded that the communication between the teacher and the child is not a significant correlation with the discipline of group B2 in Sejahtera Kamal kindergarten. Keywords: Communication Between Teachers and Children, Discipline, Group B

Detail Jurnal