Detail Karya Ilmiah
-
Efektivitas Media Maze Benang Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di TK PGRI 04 KamalPenulis : Nurul HidayatiDosen Pembimbing I : Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi, M.PsiDosen Pembimbing II :M.Busyro Karim, S.Ag.,M.SiAbstraksi
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas media maze benang dalam perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK PGRI 04 Kamal. Permainan media maze benang merupakan kegiatan yang membantu anak mengembangkan kemampuan motorik halus anak dengan sangat baik. Subjek penelitian ini adalah anak TK PGRI 04 Kamal usia 4-5 tahun yang terdiri dari 11 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi menggunakan participant observation, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK PGRI 04 Kamal berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata perkembangan motorik halus 3,2 dengan deskriptif persentase 86,0%. Kategori tersebut didapat berdasarkan hasil penelitian dari observasi terhadap dua indicator kemampuan anak dalam kegiatan mengembangkan perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun. Adapun perhitungan uji hipotesis dari 2 indikator yakni, indikator yang pertama menjumput memperoleh hasil rata-rata 3,5 dengan deskriptif persentase sebanyak 88,3% masuk dalam kategori sangat baik. Indikator yang kedua menunjukan memperoleh hasil rata-rata 3.3 dengan deskriptif persentase sebanyak 84,0% masuk dalam kategori sangat baik, yang mana anak dapat melakukan kegiatan bermain maze benang dengan sangat baik.
AbstractionThe purpose of this study was to determine the effectiveness of thread maze media in the fine motor development of children aged 4-5 years in Kamal 4 PGRI kindergarten. Thread maze media games are activities that help children develop children’s fine motor skills very well. The subject of this study was a 4-5 years old kids of the Kamal 4 PGRI kindertargen child consisting of 11 children. The observation techniques used were observation using participant observation and documentation. This Study uses a Quantitative approach. The data analysis technique used quantitative analysis. The results of this study indicate that the fine motoric development of children aged 4-5 years in the 4 PGRI kindergarten is in a very good category with a fine motoric development rate of 3.2 with a descriptive percentage 0f 86.0%. The category was obtained based on research from observations of two indicators of children’s ability to develop fine motoric development in children’s ability to develop fine motoric development in children aged 4-5 years. The calculation of the hypothesis test from 2 indicators, namely, the first indicator to get the average 3.5 results with descriptive percentages as much as 84.0% falls into the very good category, where children can do the yarn maze activity very well.