Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Lampu Warna Terhadap Pengembangan Kognitif Anak Kelompok A di TK PGRI 1 Bancaran
    Penulis : Nurul Kholidiyah
    Dosen Pembimbing I : Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi., M.Psi
    Dosen Pembimbing II :Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi., M.A
    Abstraksi

    Pengembangan Lampu Warna Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Kelompok A di TK PGRI 1 Bancaran. Peneliti menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Langkah yang ditempuh meliputi penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba awal, revisi produk awal, uji coba lapangan utama dan revisi produk akhir. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan melalui 4 tahapan uji coba yaitu uji coba ahli materi, uji coba ahli media pembelajaran, uji coba lapangan awal, dan uji coba lapangan utama. Subjek penelitian dan pengembangan yaitu anak kelompok A atau usia 4-5 tahun di TK PGRI 1 Bangcaran yang berjumlah 21 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (angket ahli materi, angket ahli media pembelajaran, dan angket respon anak) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh lampu warna dari ahli materi sebesar 86,11% dengan predikat “tinggi”, ahli media pembelajaran 76,67% dengan predikat “tinggi”, uji coba lapangan awal 83,9 % dengan predikat “tinggi”, dan uji coba lapangan utama 86,9 % dengan predikat “tinggi”. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media lampu warna sebagai stimulasi kemampuan mengenal konsep warna pada kelompok A di TK PGRI 1 Bancaran layak digunakan. Kata kunci: media pembelajaran, lampu warna, kemampuan mengenal konsep warna

    Abstraction

    The Development Of Color Lights On The Cognitive Development Of Group A Children In PGRI 1 Bancaran.Researchers used a development model Borg & Gall. Steps to be taken include the research and data collection, planning, early product development, initial test, revise the initial product, the main field testing and revision of the final product. Research and development is carried out through four stages of a trial that is testing subject matter experts, instructional media expert testing, field trials beginning, and major field trials. The subject of research and development that children in group A or 4-5 years in kindergarten PGRI 1 Bangcaran totaling 21 children. The data collection technique using a questionnaire (questionnaire subject matter experts, instructional media expert questionnaire, and the questionnaire responses of children) and documentation. The results showed that the values obtained from the color light matter experts for86.11% with the title of "high", 76.67% of instructional media expert with the title of "high", the initial field trials 83.9%with the title of "high", and the main field trials 86.9%with the title of "high". Based on the results of research and development has been done can be concluded that the media color lights as stimulationability to recognize the concept of color in group A at TK PGRI 1 Bancaran fit for use. Keywords: learning media, light color, ability to recognize the concept of color

Detail Jurnal