Detail Karya Ilmiah

  • EFEKTIVITAS POLA PENATAAN TEMPAT DUDUK POSISI BERKELOMPOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA 5- 6 TAHUN DI TK MUSLIMAT NU SITI AMINAH DESA BILAPORAH KECAMATAN SOCAH KABUPATEN BANGKALAN
    Penulis : Rohmatul Ummah
    Dosen Pembimbing I : Muhammad Busyro Karim,S.Ag,.M.Si
    Dosen Pembimbing II :Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi., M.Psi
    Abstraksi

    ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pola penataan tempat duduk posisi berkelompok terhadap motivasi belajar anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah anak usia 5- 6 tahundi TK Bhakti 2 Kamal, Bangkalan yang terdiri dari 10 anak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi tersruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus liliefors. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar anak dengan menggunakan pola penataan tempat duduk posisi berkelompok adalah berjumlah total skor 3,4 dengan diskriptif persentase 85 %. Jumlah nilai yang diperoleh terdapat persamaan pada aspek adanya hasrat berhasil dalam belajar dan adanya dorongan dalam belajar yaitu BSH sebesar 30% dan BSB sebesar 70%. Berdasarkan hasil. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pola penataan tempat duduk posisi berkelompok efektif digunakan dalam motivasi belajar anak di TK Muslimat NU Siti Aminah Desa Bilaporah, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan. Kata Kunci : Pola Penataan Tempat Duduk Posisi Berkelompok, Motivasi Belajar Anak, Anak Usia 5- 6 Tahun.

    Abstraction

    ABSTRACT The purpose of this study was to determine the effectiveness of the arrangement of the seating arrangement in groups against the learning motivation of children aged 5-6 years. This research uses descriptive quantitative research. The subjects of this study were children aged 5-6 years old TK Bhakti 2 Kamal, Bangkalan consisting of 10 children. Data collection techniques used are structured observation and documentation. Data analysis techniques using the normality test with the formula Liliefors. The results showed that children's learning motivation by using a group position seating arrangement pattern was a total score of 3.4 with a descriptive percentage of 85%. The number of values ??obtained there are similarities in the aspect of the desire to succeed in learning and there is encouragement in learning that is BSH as much as 30% and BSB 70%. Based on the results. Based on the results of these studies indicate that the pattern of arrangement of seating a group position effectively used in the motivation to learn in kindergarten Muslimat NU Siti Aminah Bilaporah, Socah sub-district, Bangkalan district. Keywords: Group Position Seating Arrangement Pattern, Learning Motivation Children, Children Aged 5-6 Years.

Detail Jurnal