Detail Karya Ilmiah
-
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ALAM AL ‘IZZAH KRIAN SIDOARJOPenulis : Reza Fitria RahmawatiDosen Pembimbing I : Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.SiDosen Pembimbing II :Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi., M.PsiAbstraksi
Reza Fitria Rahmawati, 2019. Implementasi Pembelajaran Berbasis Alam Terhadap Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun di Sekolah Alam Al ‘Izzah Krian Sidoarjo. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing: M. Busyro Karim S.Ag., M.Si dan Dwi Nurhayati Adhani S.Psi., M.Psi ABSTRAK Penlitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemandirian anak pada usia 4-5 tahun melalui pembelajaran berbasis alam di Sekolah Alam Al ‘Izzah Krian Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini diambil dari tiga siswa laki-laki pada kelompok A dengan rentang usia 4-5 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yang meliputi reduksi data, penyajian data atau data display, dan conclusions. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak dengan usia 4-5 tahun mampu menunjukkan sikap kemandirian, yaitu percaya diri, pandai bergaul, mau berbagi, mengendalikan emosi, kemampuan fisik, tanggung jawab, dan disiplin. Kata kunci : Pembelajaran Berbasis Alam, Kemandirian, Anak Usia 4-5 Tahun
AbstractionReza Fitria Rahmawati, 2019. Implementation of Nature-Based Learning Against Independence of 4-5 Years Old Children in Al ‘Izzah Krian Sidoarjo Natural School. Early Childhood Education Teacher Education Study Program. Faculty of Science Education. Trunojoyo University Madura. Supervisor: M. Busyro Karim S.Ag., M.Si and Dwi Nurhayati Adhani S.Psi., M.Psi ABSTRAC This research aims to determine the picture of children's independence at the age of 4-5 years through nature-based learning at the Al ‘Izzah Krian Sidoarjo Nature School. This research uses a qualitative research approach with descriptive research type. The subjects of this study were drawn from three male students in group A with an age range of 4-5 years. Data collection techniques used are, observation, interviews, and documentation. Data analysis is carried out through three stages which include data reduction, data display or data display, and conclusions. The results of this study indicate that children aged 4-5 years are able to show an attitude of independence, that is self-confidence, good at getting along, willing to share, control emotions, physical abilities, responsibilities, and discipline Keywords: Nature Based Learning, Independence, Children Aged 4-5 Years