Detail Karya Ilmiah

  • Stunting Pada Anak Usia 4 - 5 Tahun Di Tinjau Dari Status Sosial Ekonomi
    Penulis : Thessalonica Fridayani
    Dosen Pembimbing I : Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi.,M.A.
    Dosen Pembimbing II :Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi.,M.Psi
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan pengukuran anak stunting dan faktor – faktor yang mempengaruhi stunting ditinjau dari status sosial ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi deskriptif. Variabel dependen nya stunting pada anak usia 4 – 5 tahun. Variabel independennya ditinjau dari status sosial ekonomi. Subjek penelitian ini anak usia 4 – 5 tahun yang berjumlah 2 anak yang dilaksanakan di TK Tarbiyatus Shibyan, Desa Gili Timur, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis studi deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengukuran pada anak stunting memiliki indeks masa tubuh -2 SD dan mengalami pertumbuhan melambat. Anak stunting ketika pembelajaran di dalam kelas kurang fokus memperhatikan guru. Faktor - faktor yang mempengaruhi anak stunting pada penelitian ini diantaranya memiliki pola pengasuhan dengan kekerasan fisik, layanan kesehatan terbatas, mengkonsumsi makanan tertentu dan belum memiliki sanitasi yang memenuhi kriteria sehat. Kata Kunci : Stunting, Anak Usia 4 – 5 Tahun, Status Sosial Ekonomi.

    Abstraction

    ABSTRACT The aims to analyze were to know to develop of the measurement of child stunted and factors that affect stunted in terms of socioeconomic status. The research used qualitative research methods qualitative descriptive . The dependent variable of stunted in children age 4-5 years. The independent variable in terms of socioeconomic status. The research subject of children age 4-5 years, amount to 2 children held in kindergarten Tarbiyatus Shibyan, East Gili Village, Kamal district, Bangkalan. Technique of collecting data used observation and interviews. Technique of analysing data used qualitative descriptive analysis. The results showed that measurements on a child stunted has a body mass index of -2 SD and growth slows. Child stunted when learning in the classroom to focus less attention to the teacher. Factors that affect child stunted in the study of which has not good parenting, limited health services, affordability of nutritious food for less and do not have a healthy sanitation that meet the criteria. Keywords: Stunted, Children Age 4-5 Years, Socio-Economic Status.

Detail Jurnal