Detail Karya Ilmiah

  • Kendala Kemampuan Berbicara pada Anak Kembar Usia 4-5 Tahun TK Mutiara Idaman Bangkalan.
    Penulis : Siti Rukmana
    Dosen Pembimbing I : Dewi Mayangsari, S.Psi., M.Psi
    Dosen Pembimbing II :Titin Faridatun Nisa’, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui kendala kemampuan berbicara pada anak kembar usia 4-5 tahun di TK Mutiara Idaman Bangkalan. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Subjek peneliti adalah satu pasang anak kembar identik berusia 5 tahun di kelompok A TK Mutiara Idaman berjenis kelamin laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data peneliti menggunakan uji credibility, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Uji credibility meliputi perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara pada anak kembar belum berkembang dengan baik disebabkan karena adanya kendala dalam kemampuan berbicara. Kendala pada kemampuan berbicara anak kembar adalah cadel dan proses fonologis. Cadel ditandai dengan lidah anak yang menonjol keluar antara gigi-gigi depan sedangkan proses fonologis ditandai dengan anak mengganti atau menghilangkan huruf pada bunyi-bunyi tertentu dalam suatu kata, anak mengganti bunyi-bunyi r dan l dengan bunyi w atau r misal kata Allah menjadi Awwoh, dan menghilangkan atau menghapus semua konsonan, satu saja, atau mengganti dengan yang lebih mudah diucapkan. Kata Kunci : Kendala Kemampuan Berbicara, Anak Kembar, Usia 4-5 tahun

    Abstraction

    This study aimed to find out to find out the constraints of speaking ability in twins aged 4-5 years at the Mutiara Idaman Bangkalan Kindergarten. The researcher used a qualitative case study approach. The subject of the research was one pair of identical twins aged 5 years in the group A TK Mutiara Idaman male sex. The technique of collecting data uses observation, interviews and documentation. Data analysis uses data reduction, data presentation, and conclusion. The validity of the researcher data uses the credibility test, transferability test, dependability test, and confirmability test. Test credibility includes extended observation, increased perseverance, triangulation. The results in the study showed that speaking ability in twins was not well developed due to obstacles in speaking ability. Constraints on the ability to speak of twins are slurred and phonological processes. Slurred is marked by the child's tongue that protrudes between the front teeth while the phonological process is characterized by the child replacing or removing letters on certain sounds in a word, the child replaces the sounds r and l with sounds w or r, for example the word Allah becomes Awwoh , and eliminate or delete all consonants, just one, or replace with one that is easier to say. Keywords: Constraints of Speech Ability, Twins, Ages 4-5 years

Detail Jurnal