Detail Karya Ilmiah
-
Efektivitas Media Balon dalam Pembelajaran Sains Anak Kelompok B TK Bhakti 2 KamalPenulis : Ria Dwi AnggarawatiDosen Pembimbing I : M. Busyro Karim, S.Ag., M.SiDosen Pembimbing II :Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi., M.AAbstraksi
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas media balon dalam pembelajaran sains anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Bhakti 2 Kamal, Bangkalan yang terdiri dari 10 anak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi tersruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus liliefors. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains anak dengan menggunakan media balon rata-rata keterampilan proses sains adalah berjumlah total skor 3,4 dengan diskriptif persentase 85,9%. Nilai tertinggi di peroleh pada aspek mengomunikasikan dan mengamati yaitu BSH sebanyak 60% dan BSB 40%. Berdasarkan hasil. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media balon efektif digunakan dalam pembelajaran sains pada kelompok B TK Bhakti 2 Kamal, Bangkalan.
AbstractionThe purpose of this study was to determine the effectiveness of balloon media in group B children's science learning. This research uses descriptive quantitative research. The subjects of this study were children of group B in TK Bhakti 2 Kamal, Bangkalan consisting of 10 children.Data collection techniques used are structured observation and documentation.Data analysis techniques using the normality test with the formula Liliefors.The results showed that children's science process skills using balloons media the average science process skills totaled a total score of 3.4 with a descriptive percentage of 85.9%.The highest value was obtained in the aspect of communicating and observing namely 60% BSH and 40% BSB.Based on these results indicate that the balloon media effectively used in science learning in group B TK Bhakti 2 Kamal, Bangkalan.