Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Media Ular Tangga Untuk Mengenalkan Kosakata Bahasa Arab Anak Kelompok B di TK Miftahul Ulum Tulung
    Penulis : Mar'atus Sholihah
    Dosen Pembimbing I : Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.si
    Dosen Pembimbing II :Siti Fadryana Fitroh, S.Psi., M.A
    Abstraksi

    Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui model pengembangan serta kelebihan dan kekurangan dari media ular tangga untuk mengenalkan kosakata bahasa arab anak usia 5-6 tahun di TK Miftahul Ulum Tulung Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan. Metode penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian pengembangan dilakukan melalui 4 tahap uji coba yang meliputi, uji coba ahli media, uji coba ahli materi, uji coba lapangan kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan angket respon anak untuk mengetahui tingkat kelayakan media ular tangga yang dikembangkan. Persentase hasil analisis data kelayakan oleh ahli media mendapat nilai sebesar 82%, dari ahli materi sebesar 77%, dari uji coba kelompok kecil sebesar 77%, dan hasil dari uji coba kelompok besar sebesar 81%. Berdasarkan persentase hasil analisis data, media ular tangga bahasa arab untuk mengenalkan kosakata bahasa arab anak nusia 5-6 tahun dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran anak usia dini.

    Abstraction

    This development research aims to determine the development model and the advantages and disadvantages of snake ladder media to introduce arabic vocabulary of children aged 5-6 years at Miftahul Ulum Tulung Kindergarten, Pucuk District, Lamongan Regency. This research and development methode is carried out using the Borg and Gall development model with quantitative and qualitative data analysis. Development research was carried out through 4 stages of trials which included, media expert trials, material expert trials, small group field trials, and large group trials. Data collection was carried out using a questionnaire validated by media experts, material experts, and child response questionnaires to determine the feasibility of ladder snake media developed. The percentage of feasibility data analysis results scored 82%, from material experts by 77%, from small group trials by 77%, and results from large group trials by 81%. Based on the percentage of data analysis results, the snake ladder medium of arabic language to introduce arabic vocabulary of 5-6 years old children is declared valid and can be used in early childhood learning.

Detail Jurnal