Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Kemampuan Berbicara Anak Usia 5 Tahun di TK Kartini (Studi Deskriptif Anak dari Keluarga yang Bermigrasi di Kamal, Bangkalan)
    Penulis : Syarifatus Sufia
    Dosen Pembimbing I : Dwi Nurhayat i Adhani, S.Psi, M.Psi.
    Dosen Pembimbing II :Titin Faridatun Nisa’, S.Pd, M.Pd.
    Abstraksi

    Indonesia merupakan negara berkembang yang mengalami perubahanperubahan dalam tatanan kependudukannya. Banyak faktor yang menjadikan beberapa masyarakat Indonesia melakukan migrasi. Adanya masyarakat migrasi yang membawa kebudayaan, adat atau agama yang berbeda tentunya akan menjadikan penduduk lokal dari suatu daerah memunculkan perbedaan sikap sosial kepada keluarga migrasi yang nantinya akan berpengaruh pada perkembangan anak dalam keluarga migrasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati dan mendiskripsikan kemampuan serta kendala berbicara anak usia 5 tahun di TK Kartini Kamal dari keluarga yang bermigrasi di Kamal, Bangkalan. Teknik penelitian yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak sudah mampu menjawab pertanyaan dengan benar, namun anak belum mampu menyebutkan nama lengkapnya tanpa dibantu, belum menunjukkan sikap senang menyebut kata-kata baru, belum menunjukkan sikap senang bertanya tentang sesuatu, bicara anak belum mudah untuk dimengerti, belum mampu menyebutkan angka dan atau menghitung jari, serta belum mampu menyebutkan nama-nama hari. Anak juga mengalami beberapa kendala yakni lingkungan rumah sepi, pekerjaan ayah dan ibu bukan pekerjaan yang harus memiliki keahlian (guru/dokter, dan sebagainya), anak mendapatkan sikap tidak menyenangkan dari orang tua atau orang lain dilingkungannya, anak mendapat bahasa Indonesia-Jawa-Madura di sekolah maupun di rumah, serta anak mengalami cadel lateral. Kata Kunci: Kemampuan Berbicara, Anak Usia Dini, Migrasi

    Abstraction

    Indonesia is developed country which faces the changes in its population order. There are many factors that make the several Indonesians to do migration. The existence of migration society which brings a different culture, tradition or religion that certainly will be an origin inhabitant in an area which appears the difference of social attitude to the migration family who will affects at the children improvement in the migration family later. This research purposes to observe and describe the ability and obstacle to speak at the 5-year-old children from marriage of different culture in the school especially at the Kindergarten of Kartini Kamal. The techniques of the research which are used are observation, interview, and documentation. The results of this research show that children can answer the question correctly, but the children have not been able to mention the complete name without helping, they have not shown the happy attitude to mention the new words, they have not shown the happy attitude to ask about something, the children’s speaking have not been easy to be understood, they have not been able to mention the number and count the day, and also they have not been able to mention the name of days. The children also face the several obstacles, they are environment, quiet house, the father’s and mother’s job are not the job which must have expertise (teacher/doctor, etc.), the children get the unpleasant behaviour from the parents or other people in their environment, the children obtain IndonesianJavanese-Madurese Language in school or house, and also the children has lateral lips. Keywords: The Speaking Skill, the Early Childhood, Migration

Detail Jurnal