Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PERMAINAN BERBISIK BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI LISAN ANAK USIA 4-5 TAHUN KELOMPOK A DI TAPAS AL KAROMAH BEDALIPenulis : YAYUK IDA RIANADosen Pembimbing I : Dwi Nurhayati Adhani S.Psi.,M.PsiDosen Pembimbing II :Titin Faridatun Nisa’ S.Pd.,M.PdAbstraksi
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh permainan bisik berantai terhadap keterampilan komunikasi lisan anak. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan Pre-Eksperimental dengan jenis One-Group Pretes-Posttes Design.Objek penelitian ini yaitu anak usia 4-5 tahun kelompok A dengan jumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data statistik non parametrik. Hasil dari perhitungan pretest yaitu terdapat 6 anak dengan kriteria belum berkembang (BB), 5 anak dengan kriteria mulai berkembang (MB) dan 3 anak dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Penilaian posttest dilakukan setelah diberi perlakuan (treatmen) menggunakan permainan bisik berantai dengan hasil 3 anak dengan kriteria mulai berkembang (MB), 6 anak dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH), dan 5 anak dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSB). Hasil perhitungan dengan uji jenjang wilcoxon diperoleh nilai Thitung = 0 lebih kecil dari nilai Ttabel yaitu 21. Sehingga hasil pengambilan keputusan yaitu H0 (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (dipotesis alternatif) diterima karena Thitung < Ttabel (0<21. Kesimpulannya yaitu terdapat pengaruh antara permainan bisik berantai terhadap keterampilan komunikasi lisan anak usia 4-5 tahun kelompok A di Tapas Al Karomah Bedali. Kata kunci : Permainan Bisik Berantai, Komunikasi Lisan dan Anak Usia 4-5 tahun
AbstractionABSTRACT This research is aimed at knowing whether there is an effect of a game of bisik berantai towards children’s oral communication ability. The method used in this research is quantitative method by using pre-experimental approach, by using one-group pretest-posttest design. The object in this research is the children in 4-5 years of A group with number of children. The data collection used by the researcher is the data collection of observation and documentation. Data analysis used in this study in no-parametric statistical data. The result of pretest is 6 children having not progressed (NP), 5 children beginning in progress (BP), and 3 children having been in progress as hoped (HP). The evaluation of postest is conducted after given treatment by using a game of bisik berantai with a result 3 children begin in progres (BP), 6 children having been in progress as hoped (HP). and 5 children have been in very progressed as hoped (VP). The result of calculation by using Wilcoxon is gotten Thitung = 0, lesser than Ttabel= 21. Thus, the result of H0 is rejected and Ha is received because Thitung < Ttabel (0<21). In conclusion, there is an Effect Between A Game Of Bisik Berantai Towards Oral Comunication Ability At 4-5 Years Children A Group Tapas Al Karomah Bedali. Keywords : a game of bisik berantai, oral comunication ability, children 4-5 years