Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PERMAINAN BERBISIK BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI LISAN ANAK USIA 4-5 TAHUN KELOMPOK A DI TAPAS AL KAROMAH BEDALI
    Penulis : YAYUK IDA RIANA
    Dosen Pembimbing I : Dwi Nurhayati Adhani S.Psi.,M.Psi
    Dosen Pembimbing II :Titin Faridatun Nisa’ S.Pd.,M.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh permainan bisik berantai terhadap keterampilan komunikasi lisan anak. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan Pre-Eksperimental dengan jenis One-Group Pretes-Posttes Design.Objek penelitian ini yaitu anak usia 4-5 tahun kelompok A dengan jumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data statistik non parametrik. Hasil dari perhitungan pretest yaitu terdapat 6 anak dengan kriteria belum berkembang (BB), 5 anak dengan kriteria mulai berkembang (MB) dan 3 anak dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Penilaian posttest dilakukan setelah diberi perlakuan (treatmen) menggunakan permainan bisik berantai dengan hasil 3 anak dengan kriteria mulai berkembang (MB), 6 anak dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH), dan 5 anak dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSB). Hasil perhitungan dengan uji jenjang wilcoxon diperoleh nilai Thitung = 0 lebih kecil dari nilai Ttabel yaitu 21. Sehingga hasil pengambilan keputusan yaitu H0 (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (dipotesis alternatif) diterima karena Thitung < Ttabel (0<21. Kesimpulannya yaitu terdapat pengaruh antara permainan bisik berantai terhadap keterampilan komunikasi lisan anak usia 4-5 tahun kelompok A di Tapas Al Karomah Bedali. Kata kunci : Permainan Bisik Berantai, Komunikasi Lisan dan Anak Usia 4-5 tahun

    Abstraction

    ABSTRACT This research is aimed at knowing whether there is an effect of a game of bisik berantai towards children’s oral communication ability. The method used in this research is quantitative method by using pre-experimental approach, by using one-group pretest-posttest design. The object in this research is the children in 4-5 years of A group with number of children. The data collection used by the researcher is the data collection of observation and documentation. Data analysis used in this study in no-parametric statistical data. The result of pretest is 6 children having not progressed (NP), 5 children beginning in progress (BP), and 3 children having been in progress as hoped (HP). The evaluation of postest is conducted after given treatment by using a game of bisik berantai with a result 3 children begin in progres (BP), 6 children having been in progress as hoped (HP). and 5 children have been in very progressed as hoped (VP). The result of calculation by using Wilcoxon is gotten Thitung = 0, lesser than Ttabel= 21. Thus, the result of H0 is rejected and Ha is received because Thitung < Ttabel (0<21). In conclusion, there is an Effect Between A Game Of Bisik Berantai Towards Oral Comunication Ability At 4-5 Years Children A Group Tapas Al Karomah Bedali. Keywords : a game of bisik berantai, oral comunication ability, children 4-5 years

Detail Jurnal