Detail Karya Ilmiah

  • HUBUNGAN METODE PEMBERIAN TUGAS (Menggambar dan Mewarnai) DENGAN PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN TEBUWUNG GRESIK
    Penulis : Fitrohtul Ummah
    Dosen Pembimbing I : M. Busyro Karim, S.Ag., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi., M.A
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara metode pemberian tugas dengan perkembangan kreativitas anak usia 5 – 6 tahun. Hal ini dilakukan karena kreativitas anak di TK Dharma Wanita Persatuan Tebuwung masih belum berkembang secara optimal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Subjek penelitian adalah anak usia 5 – 6 tahun di TK Dharma Wanita Persatuan Tebuwung. Adapun sampel pada penelitian ini berjumlah 18 anak, dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis uji product moment. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat antara metode pemberian tugas dengan perkembangan kreativitas anak. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan korelasi product moment sebesar 0,560. Ini berarti bahwa arah hubungan variabel metode pemberian tugas dengan kreativitas anak adalah positif, sehingga apabila metode pemberian tugas dilakukan dengan optimal, maka akan diikuti dengan peningkatan kreativitas anak. demikian pula sebaliknya, apabila metode pemberian tugas tidak optimal, maka akan diikuti dengan penurunan kreativitas anak. Kata Kunci: Anak usia 5 – 6 tahun, metode pemberian tugas, kreativitas

    Abstraction

    This reseach aim to know about correlation between giving tasks methode and the development of children’ creativity for 5-6 years old. This method has done because of children’ creativity at Dharma wanita persatuan kindergarten Tebuwung still unoptimall development. This reseach is quantitative study that using the correlational method. The subject of research is children age 5-6 years old in Dharma Wanita Persatuan Tebuwung kindergarten. As for the sample in this research is eighteen students, by using saturated samling technique. The data collection technique was used observation, and documentation, while the analys in this research used test analysis product moment. A for the results of this research indicate that there is a fairly strong elationship between the method of giving tasks with the development of children’s creativity. This is evidenced from the results of calculation product moment correlation is 0,560. This means that the direction of variable assigment method with children’s creativity is positive, so if the assignment method is done optimally, it will be followed by an increase children’s creativity. Like that otherwise ( vice versa) if the assignment method is not optimal it will be followed by a decrease of children’s creativity. Keyword : children age five to six using of giving task method, creativity

Detail Jurnal