Detail Karya Ilmiah

  • KEPERCAYAAN DIRI (PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK KEMBAR BERSEKOLAH USIA 4 TAHUN DITINJAU DARI INTERAKSI ANAK)
    Penulis : MAMLUATIN INDANA ZULFA
    Dosen Pembimbing I : TITIN FARIDATUN NISA', S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :DEWI MAYANGSARI, S.Psi., M.Psi
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepercayaan diri perkembangan sosial anak kembar usia 4 tahun ditinjau dari interaksi anak saat di rumah dan di sekolah. Penelitian ini yaitu menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik penelitian subyek dari penelitian ini diambil dari sepasang anak kembar yang lahir pertama berusia 4 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yang meliputi reduktif data, penyajian data dan conclusions. Hasil penelitian ini menunjukkan sikap percaya diri anak, anak sudah mulai berkembang pada sikap percaya diri, berani berinteraksi dengan teman dan saudara, mampu membeli jajan ketoko tanpa ditemani orang tua, menjadi pemimpin barisan, mengerjakan tugas dengan sangat tenang, dan bisa menjawab pertanyaan guru dengan tepat. Namun ada beberapa perkembangan yang belum berkembang pada subyek yang lain seperti belum mampu bermain dengan temannya tanpa ditemani orang tua, belum mampu untuk membeli ketoko tanpa bersama ibu atau saudarannya, tidak berani menjadi pemimpin barisan, belum mampu untuk mengerjakan tugas tanpa menangis, dan juga belum mampu menjawab pertanyaan oleh guru. Kata Kunci:Perkembangan Sosial, Percaya Diri, Anak Kembar

    Abstraction

    This study aims to determine the self-confidence of social development of twins aged 4 years in terms of children's interactions at home and at school. This research is using qualitative with descriptive research type. The research technique of the subjects of this study was taken from a pair of twins born first to 4 years old. Data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. Data analysis is done through three stages which include reductive data, data presentation and conclusions. The results of this study show children's self-confidence, children have begun to develop in an attitude of confidence, dare to interact with friends and relatives, are able to buy ketoko snacks without being accompanied by parents, become leaders of the line, do the task very calmly, and can answer teacher questions with right. But there are some developments that have not developed in other subjects such as not being able to play with friends without being accompanied by parents, not being able to buy a shop without being with a mother or sister, not daring to be a leader, unable to do assignments without crying, and not yet able to answer questions by the teacher. Keywords: Social Development, Confidence, Twins

Detail Jurnal