Detail Karya Ilmiah

  • Implementasi Kegiatan Akuatik Berenang Pada Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kec. Kebomas Kab. Gresik (Ditinjau Dari Pelaksanaan Guru)
    Penulis : Desi Nur Kumalawati
    Dosen Pembimbing I : M. Busyro Karim, S.Ag., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi., M.A
    Abstraksi

    Abstraksi penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan motorik kasar anak usia dini pada kegiatan akuatik berenang dan juga cara guru memnerapkan kegiatan akuatik berenang di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Giri-Kebomas Gresik. perkembangan motorik kasar anak meliputi kekuatan, keseimbangan, kelentukan, dan kecepatan, cara guru menerapkan kegiatan akuatik berenang meliputi pemanasan, kegiatan di dalam kolam atau inti, dan pendinginan. Metode penelitian ini yang di gunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini dari murid 2 orang dan guru 1 orang jadi jumlah subyek penelitian ini 3 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan motorik kasar anak dalam kegiatan akuatik berenang kurang optimal, dan menjadi tugas guru untuk mengoptimalkan perkembangan motorik kasar anak dengan cara melakukan perubahan pada kegiatan akuatik berenang yang dilakukan selama ini.

    Abstraction

    Abstraction This research aimed to know the rude motoric development of early childhood in swimming aquatic activities and also the way the teacher applies aquatic swimming activities in Aisyiyah Bustanul Kindergarten Athfal Giri Kebomas Gresik Kindergarten. The rude motoric development of children includes strength, balance, flexibility, and speed, the way the teacher implements swimming aquatic activities including heating, activities in the pool or core, and cooling. This research method used is descriptive qualitative research. The subjects in this research consisted of two students and one teacher so that the number of subjects of this research was three people. The results showed that the children's rude motoric development in aquatic swimming activities was less than optimal, and it was the teacher's job to optimize the children's rude motoric development by making changes to the aquatic swimming activities carried out so far

Detail Jurnal