Detail Karya Ilmiah

  • IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER DRUM BAND TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK YAYASAN WANITA KERETA API KELURAHAN PACAR KELING SURABAYA
    Penulis : Yelanda Meistasya Agatha
    Dosen Pembimbing I : Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Titin Faridatun Nisa’, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Perkembangan anak usia dini memiliki 6 macam salah satunya ialah perkembangan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun yang mengikuti ekstrakurikuler drumband yang bertugas sebagai mayoret. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek yang diamati pada penelitian kali ini berjumlah 2 anak kelompok B di TK Yayasan Wanita Kereta Api (YWKA) Surabaya yang bertugas sebagai mayoret ketika drumband. Teknik pengumpulan data pada penelitian kali ini menggunakan observasi terang-terangan atau terus terang, dengan wawancara semiterstruktur dan dokumentasi. Analisis data dilalukan menggunakan tiga tahapan, reduction, display, conclusions. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Anak dapat memberikan aba-aba pada teman atau kelompoknya dengan memutar tongkat. Hal tersebut membuktikan bahwa perkembangan bahasa nonverbal anak memberikan respon positif, 2) Anak dapat bernyanyi menggunakan tangga nada agar mempermudah temannya dalam memainkan alat musik, 3) Anak mampu bertanya kepada guru ketika anak merasa kebingungan. Pada point ke 2 dan 3 membuktikan bahwa perkembangan bahasa verbal anak memberikan respon yang positif ketika kegiatan drumband.

    Abstraction

    Early childhood development has 6 kinds, one of which is language development. This study aims to determine the language development of children aged 5-6 years who participate in drumband extracurricular activities who serve as mayor. The researcher used a descriptive qualitative approach. The subjects observed in this study amounted to 2 children in group B in Surabaya TK Yayasan Wanita Kereta Api (YWKA) who served as majorities when drumband. The data collection technique in this study used blatant or straightforward observation, with semi-structured interviews and documentation. Data analysis is done using three stages, reduction, display, conclusions. The results of the study show that 1) The child can give a signal to a friend or group by turning a stick. This proves that the development of children's nonverbal language gives a positive response, 2) Children can sing using scales to make it easier for their friends to play musical instruments, 3) Children are able to ask the teacher when the child feels confused. At points 2 and 3 prove that the development of children's verbal language gives a positive response when drumband activities.

Detail Jurnal