Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK MENGGUNAKAN PAPAN WARNA UNTUK MEMBANTU MENINGKATKAN PERKEMBANGAN GERAK LOKOMOTOR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD ANGGREK PERUMNAS KAMAL
    Penulis : Dewi Nur Aini
    Dosen Pembimbing I : Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.Si,
    Dosen Pembimbing II :Dewi Mayangsari, S.Psi., M.Psi.
    Abstraksi

    Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan pengembangan serta kelayakan pada media papan warna untuk bermain permainan tradisional engklek, guna untuk membantu meningkatkan perkembangan gerak lokomotor anak usia 5-6 tahun di PAUD Anggrek Kamal. Metode penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan model pengembangan Borg and Gall dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian pengembangan dilakukan dengan 4 tahap uji coba yang meliputi, uji coba ahli media, uji coba ahli materi, uji coba lapangan kelompok kecil dan uji coba lapangan kelompok besar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang divalidasi dengan ahli media, ahli materi dan angket respons anak untuk mengetahui tingkat kelayakan media papan warna yang dikembangkan. Persentase hasil analisis data kelayakan media dari ahli media mendapatkan nilai sebesar 80%, dari ahli materi sebesar 87%, dari uji coba kelompok kecil sebesar 81%, dan hasil dari uji coba kelompok besar sebesar 90%. Berdasarkan persentase hasil analisis data, media permainan tradisional engklek menggunakan papan warna guna untuk membantu perkembangan gerak lokomor anak usia dini dapat dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam permainan anak usia dini.

    Abstraction

    This development research aims to know development necessity and also the worthiness of color board to play traditional engklek game, to improve the locomotor motion expansion of children age 5-6 years in Anggrek Kindergarten, Kamal. The method of this research uses Borg and Gall development model with analysis quantitative and qualitative data. The development research is done with 4 steps of test are media expert test, material expert test, small group field test and big group field test. The data collection is done uses questionnaire that be validated with media expert, material expert and children questionnaire responses to know the worthiness stage of color board media is developed. The results of data analysis in media worthiness from media expert is 80%, material expert is 87%, small group test is 81% and big group test is 90%. Based on the data analysis percentage results, traditional engklek game media uses color board to improve the locomotor motion on early childhood can be asserted valid and can be used in early childhood game.

Detail Jurnal