Detail Karya Ilmiah

  • Rampan Caries Terhadap Perkembangan Sosial Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-kanak Seruni Kamal
    Penulis : Saifatul Jannah
    Dosen Pembimbing I : Siti Fadjryana Fitroh,S.Psi.,M.A
    Dosen Pembimbing II :Dwi Nurharyati Adhani,S.Psi.,M.Psi
    Abstraksi

    Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perkembangan Sosial Pada Anak Usia 4-5 Tahun yang ditinjau dari sikap dan perilaku, tingkah laku dan emosi anak pada saat kegiatan di rumah maupun di sekolah. Penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kualitatif dan metode studi kasus. Subjek penelitian ini lebih banyak dilakukan di sekolah dari pada saat di rumah yang terdiri dari 2 subyek yaitu satu anak perempuan dan satu anak laki-laki yang sama-sama berumur 4 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan data reduction ( reduksi data), data display( Penyajian data), Conclusion Drawing ( Penarikan Kesimpulan) sedangkan keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan sikap percaya diri anak ada beberapa indikator yang mulai berkembang pada sikap percaya diri, salah satunya yaitu pada sikap berani tampil dan sikap toleransi walaupun masih dibantu oleh guru saat di sekolah. Namun dari dua subjek tersebut ada beberapa perkembangan yang belum berkembang pada subyek yang pertama dimana anak masih belum mampu berani tampil masih ingin didampingi oleh orang tuanya saat di sekolah, belum mampu mengerjakan tugas yang paling sederhana tanpa menangis. Sehingga peran orang tua dan guru lebih melatih atau menstimulus pada perkembangan kepercayaan diri anak . Kata Kunci :Perkembangan Sosial Pada Anak Usia 4-5 Tahun, Anak Rampan Caries

    Abstraction

    This study aims to determine the confidence of caries children aged 4-5 years in terms of the behavior, behavior and emotions of children during activities at home or at school. This research is using qualitative research and case study methods. The subjects of this study were mostly done at school than at home which consisted of 2 subjects namely one daughter and one boy who were both 4 years old. Data collection techniques used were observation, interviews and documentation. Data analysis uses data reduction, data display, data drawing, while the validity of the data uses the extension of observation, increasing persistence and triangulation. The results of this research show that there are several indicators of self-confidence that begin to develop in the attitude of confidence, one of which is the attitude of courage to appear and an attitude of tolerance even though it is still assisted by the teacher at school. However, of the two subjects, there are some undeveloped developments on the first subject where the child is still unable to dare to appear, still wants to be accompanied by his parents at school, has not been able to do the simplest tasks without crying. So the role of parents and teachers is more to train or stimulate the development of children's confidence.

Detail Jurnal