Detail Karya Ilmiah
-
KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK USIA DINI BERBANTUAN MEDIA IKAN (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI TKM NU 126 ISLAMIYAH UJUNGPANGKAH)Penulis : Nur AiniyahDosen Pembimbing I : Titin Faridatun Nisa',S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :M.Busyro Karim, S.Ag.,M.SiAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains berbantuan media ikan. Keterampilan proses sains merupakan kemampuan dalam memahami informasi yang di dapatkan melalui observasi/ pengamatan, klasifikasi, menarik kesimpulan dan berkomunikasi. Tempat penelitian ini yaitu di TKM NU 126 Islamiyah, Desa Pangkah Kulon, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Terdiri dari 1 informan, guru kelas dan 7anak didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yaitu pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan prosedur analisis data Miles dan Hubermen. Hasil pembahasan data menjelaskan bahwa sekolah TKM NU 126 Islamiyah pengenalan keterampilan proses sains selain anak mulai mampu dalam memahami proses sains dari anak mampu mengenal, memahami, merencanakan dalam sebuah percobaan, melakukan percobaan-percobaan, bahkan anak mampu mengkomunikasikan hasil apa yang telah dilakukan anak. Anak mampu memecahkan masalah sederhana. Terdapat 5 dari 7 anak mampu dalam memahami dan menerapkan kompetensi keterampilan proses sains berbantuan media ikan yang meliputi mengamati, mengklasifikasikan, menafsirkan, menerapkan, dan mengkomunikasikan. Kata kunci: Anak Usia Dini, Keterampilan Proses Sains, Media Ikan
AbstractionThis study aims to determine the Science Process Skills of Early Childhood Assisted by Fish Media. Science process skills are the ability to understand the information obtained through observation / observation, classification, drawing conclusions and communicating. The place of this research was at the TKM NU 126 Islamic School, Pangkah Kulon Village, Ujungpangkah District, Gresik Regency, East Java. It is consisting of 1 informant, class teacher and 7 students. This study used a qualitative approach, with descriptive methods. Data collection techniques used observation, interview and documentation techniques. This research used the data analysis procedure of Miles and Hubermen. The results of the discussion of the data explain that NU TKM schools 126 the introduction of science process skills in addition to children are able to understand the science process of children able to know, understand, plan in an experiment, conduct experiments, even children are able to communicate the results of what the child has done. Children are able to solve simple problems. There are 5 out of 7 children capable of understanding and applying science process skills competencies assisted by fish media which include observing, classifying, interpreting, applying, and communicating. Keywords: Early Childhood, Science Process skills, Fish Media