Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN MEDIA PAPAN FLANEL TERHADAP KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AN SHAL KAMAL
    Penulis : SITI SUHARTINA ADHA
    Dosen Pembimbing I : Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi., M.Psi
    Dosen Pembimbing II :Dewi Mayangsari, S.Psi., M.Psi.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita dengan media papan flanel terhadap kemampuan keaksaraan anak usia 4-5 tahun di TK An Shal Kamal.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Pre-eksperimental Desain jenis one group pretest-pottest.Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik rentan usia 4-5 tahun di TK An Shal Kamal dengan jumlah 20 anak. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data observasi partisipan dan dokumentasi berupa foto-foto dan video kegiatan, dan rencana pelaksanaan pembelajaran harian. Peneliti menggunakan teknik analisis data statistik non parametrik. Berupa uji jenjang wilcoxon dengan data berupa hasil penilaian pretest dan posttest. Hasil penelitian ini diperoleh pada saat pretest terdapat 16 anak dengan kriteria belum berkembang, 4 anak dengan kriteria mulai berkembang. Penilaian posttest setelah dilakukan treatment menggunakan metode bercerita dengan media papan flanel didapatkan 2 anak dengan kriteria mulai berkembang, 13 anak dalam kategori berkembang sesuai harapan dan 5 anak dalam kategori berkembang sangat baik. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji jenjang bertanda wilcoxon diperoleh nilai T hitung = 0 lebih kecil dari nilai T tabel yaitu 52. Sehingga hasil pengambilan keputusan yaitu H0 (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima karena T hitung ? T tabel (0? 52). Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh metode bercerita dengan media papan flanel terhadap kemampuan keaksaraan anak usia 4-5 tahun di TK An Shal Kamal.

    Abstraction

    This research aims to find out influence of story telling method by using flannel board media to literacy skill of 4-5 year old students at An Shal Kamal Kindergarten. This quantitative pre experimental design research with one group pretest-posttest taking 4-5 year old students of the school, consisting of 20 children as subjects. The techniques of collecting data are participant observation and documentation such as photographs, videos, and daily lesson plans analyzed non-parametrically. It is done by using Wilcoxon period from pretest and posttest results. The findings during pretest showed 16 children undeveloped criterion and 4 starting growing children. The posttest after the intervention by using the model and media showed 2 starting growing children, 13 children growing as expected, and 5 extremely well growing children. The calculation by using Wilcoxon gained Tcalculated= 0 lesser than Ttable, 52. Thus, it is concluded H0 is denied and Ha is accepted since Tcalculated

Detail Jurnal