Detail Karya Ilmiah

  • penerapan metode permain peran makro dalam mengembangkan seni anak usia 5-6 tahun di TK Tarbiyatul Wathon Glaga Lamongan
    Penulis : azizahtus shofiyah
    Dosen Pembimbing I : Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi., M.Psi
    Dosen Pembimbing II :M. Busyroh Karim, S.Psi., M.Psi
    Abstraksi

    Abstrak: Metode bermain peran makro merupakan suatu kegiatan dimana dalam kegiatan tersebut anak-anak akan memerankan langsung toko dalam suatu drama tersebut yang didalamnya mencakup bermain drama sederhana, menerima dan mengerti instruksi yang diberikan sutradara, mampu mengembangkan imajinasinya, dapat mengatur dirinya sesuai alur cerita. Perkembangan seni adalah salah satu aspek perkembangan anak untuk mengesplorasi dan mengekspresikan diri, berimajinasi melalui gerakan, drama, musik , tarian dan lain sebagainya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan metode bermain peran makro dalam mengembangkan seni anak usia 5-6 tahun di TK TARBIYATUL WATHON Glagah, Lamongan. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 anak dengan 1 berjenis kelamin perempuan dan 2 berjenis kelamin laki-laki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.hasil analisis data dari ke tiga subjek menjelaskan bahwasanya dengan menggunakan metode bermian peran makro perkembangan seni anak berkembang dalam bermian drama sederhana, anak juga mampu mengembangkan imajinasinya, anak juga dapat mengikuti alur cerita dalam bermian drama sederhana. Namun dalam hal mengerti instruksi yang diberikan sutradara anak masih membutuhkan bantuan dari guru dengan cara bertanya apa yang harus dilakukan selanjutnya dalam bermian drama sederhana. Kunci: metode bermian peran makro, perkembangan seni, anak usia dini

    Abstraction

    Abstract: The Method Of Playing A Macro Role In The Developing The Art Of Children Aged 5-6 Years At TK Tarbiyatul Wathon Glagah Lamongan The method of playing macro role is an activity where in the activity children will play a role in the store in a drama which includes playing a simple drama, receiving and understanding the instructions given by the director, being able to develop his imagination, can arrange himself according to the story line. The development of art is one aspect of children's development to explore and express themselves, to imagine through movement, drama, music, dance and so on. The purpose of this study is to find out how the application of macro role playing methods in developing the art of children aged 5-6 years at TK TARBIYATUL WATHON Glagah, Lamongan. The subjects of this study consisted of 3 children with 1 female and 2 male. This research uses a qualitative research method with a descriptive approach. Data collection techniques used are observation, interview and documentation. The results of data analysis of the three subjects explain that by using methods of playing the role of macro development of art, children develop in playing simple dramas, children are also able to develop their imagination, children can also follow the storyline in a simple drama. But in terms of understanding the instructions given the child director still needs help from the teacher by asking what to do next in the play of simple drama. Keys: methods for playing macro roles, artistic development, early childhood

Detail Jurnal