Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-Tahun di TK Dharma Wanita Tunglur.
    Penulis : Rini kusuma wardhani
    Dosen Pembimbing I : Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi, MPsi.,
    Dosen Pembimbing II :Dewi mayangsari, S.Psi, MPsi.
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Tunglur. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitaif dengan menggunakan eksperimental dengan desain penelitian pretest-posttest. Subjek penelitian ini merupakan anak Kelompok B TK Dharma Wanita Tunglur usia 5-6 tahun sebanyak 25 anak yang dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan uji wilcoxon karena data berdistribusi tidak normal. Hasil yang diperoleh adalah nilai Thitung =0, dan nilai Ttabel = 89 dengan N=89, N merupakan Jumlah sampel yang berada di tabel wilcoxon. Sampel berjumlah 25 sehingga Thitung < Ttabel hal ini menjadikan Ha diterima pada taraf signifikasi 5%. Analisis data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara inkuiri terbimbing terhadap kreativitas anak. Besar pengaruhnya sebanyak 49% yang artinya kontribusi strategi pembelajaran inkuiri terbimbing sebesar 49 % terhadap kemampuan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Tunglur. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Kreativitas, usia 5-6 tahun

    Abstraction

    The purpose of this research is to find out influence of guided inquiry learning strategy toward creativity of 5-6 year graders of Dharma Wanita Tunglu Kindergarten. This is a quantitative research with experimental pretest-posttest design. The subjects are B group students of Dharma Wanita Tunglur Kindergarten aged 5-6 year old, consisting of 25 graders as the sample. The technique of collecting data is Wilcoxon since the distribution is not normal. The findings show t calculated = 0 and t = 89, with N = 89. N is the number of sample within Wilcoxon table. The sample consists of 25 graders so t table causing H a xi calculated is accepted under significant level 5%. The data analysis shows there is significant influence between guided inquiries to creativity of the students. The percentage of the influence is 49%, meaning that its learning strategy contribution is 49% toward creativity of the students. Keywords: Guided Inquiry, Creativity, aged 5-6 years

Detail Jurnal