Detail Karya Ilmiah
-
Tingkat Pengetahuan Guru PAUD tentang Kurikulum 2013 di TK Se-Kecamatan Pademawu Kabupaten PamekasanPenulis : Dwi NovianaDosen Pembimbing I : Titin Faridatun Nisa', S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.Si.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat pengetahuan guru PAUD tentang kurikulum 2013 di TK Se-Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Metode dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun pengujian persyaratan analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas kolmogorov-smirnov. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling yaitu berjumlah 73 orang guru PAUD. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif dengan bentuk benar-salah (B-S), wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa ditolak dalam uji hipotesis. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa tingkat pengetahuan guru PAUD tentang kurikulum 2013 di TK Se-Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 87,71%. Hasil penelitian pada faktor mengingat (C1) sebagian besar berada pada kategori baik yaitu dengan persentase sebesar 94,38%, menerapkan (C2) sebagian besar berada pada kategori baik yaitu sebesar 85,57%, dan mengaplikasikan (C3) mengalami penurunan yaitu sebesar 70,37%. Hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa Tingkat Pengetahuan Guru PAUD tentang Kurikulum 2013 di TK Se-Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan berada pada kategori baik. Kata kunci: Tingkat Pengetahuan, Guru PAUD, Kurikulum 2013
AbstractionThis quantitative-descriptive research describes knowledge level of Early Childhood Education teachers about 2013 curriculum in whole Pademawu kindergartens, Pamekasan regency. Requirement analysis tests use kolmogorov-smirnov normality test. The sample is taken by nonprobability sampling and purposive sampling, involving 73 Early Childhood Education teachers. Technique of collecting data are objective test in the form of true or false (T-F), interview, and documentation. Based on analysis, H0 is denied and Ha is accepted in hypothesis test. Based on the findings, the knowledge level about 2013 curriculum in whole Pademawu kindergarten, Pamekasan is well, 87.71%. Finding on remembering factor (C1) showed most of them were categorized well, 94.38%; understanding (C2) categorized well, 85.57%; and applying (C3) categorized well, 70.37%. It can be concluded the knowledge level of the teachers about 2013 curriculum is well. Keywords: Knowledge Level, Early Childhood Education Teachers, Curriculum 2013