Detail Karya Ilmiah

  • EFEKTIVITAS MEDIA DIORAMA LALU LINTAS TERHADAP KEDISIPLINAN MEMATUHI ATURAN ANAK USIA 4-5 TAHUN
    Penulis : Devi Novita Widiyawati
    Dosen Pembimbing I : Titin Faridatun Nisa’, S.Pd., M.Pd.,
    Dosen Pembimbing II :Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.Si.
    Abstraksi

    Media pembelajaran merupakan alat untuk menunjang pembelajaran didalam kelas karena media pembelajaran tersebut dapat dilihat, diraba, dan dimainkan langsung oleh anak. Dalam pemilihan media pembelajaran anak usia dini pendidik harus selektif dan tahu kemana arah media tersebut akan diterapkan contohnya media diorama lalu lintas. Penelitian ini menekankan dan memfokuskan pada kedisiplinan anak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas kegiatan melalui media diorama lalu lintas terhadap perilaku disiplin anak usia 4-5 tahun di TK Nurul Huda Kamal Bangkalan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi participant observation dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif deskriptif. Subjek pada penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di TK Nurul Huda Kamal Bangkalan yang terdiri dari 16 anak. Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa nilai skor rata-rata kedisiplinan anak dari kedua aspek diperoleh sebesar 3,06 dengan deskritif persentase 76,48% sehingga dapat dinyatakan berkategori baik. Berdasarkan hasil dari perhitungan tersebut yang diperoleh > 50% artinya hipotesis penelitian diterima dan kegiatan media diorama efektif untuk meningkatkan kedisiplinan anak usia 4-5 tahun di TK Nurul Huda Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan.

    Abstraction

    The learning media is a tool to support student to study in the class because the learning media it can be seen, touch and directly played by children. In selection of the learning media for early childern, must educator be selective and to know where the direction of media will be applied. The example is the diorama traffic media. This study is to emphasizes and focuses on children’s discipline. The purpose of this study is to known the effectiviness of efective through the diorama traffic media on children diciplinary behavior to 4 until 5-year-old in TK Nurul Huda Kamal Bangkalan. Data collecting technique that used is participant observation and documentation. Data analysing technique was descriptive quantitave methode. The subject for the study were children aged 4-5 years consist of 16 children in TK Nurul Huda Kamal Bangkalan. From the result of analysing data it can be seen that score of the average of children dicipline from two aspect is 3,06 by the percentage 76,48% with the result that it can be avowed in a good categorized. Based on the result of calculation obtaine by > 50% that mean the hypothesis of study can be accepted and the activity of diorama media is effective to improving children’s disipline for aged 4-5 years in TK Nurul Huda Kamal District Bangkalan Regency.

Detail Jurnal