Detail Karya Ilmiah
-
EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA GARAM DALAM STIMULASI KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AN-NUR GILI BARATPenulis : Elly RahayuDosen Pembimbing I : Titin Faridatun Nisa’, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :M. Busyro Karim, S.Ag., M.Si.Abstraksi
Elly Rahayu. 2019. Efektivitas Pemanfaatan Media Garam dalam Stimulasi Keterampilan Proses Sains Anak Usia 4-5 Tahun di TK An-Nur Gili Barat. SKRIPSI, Program Studi Pendidikan, Universitas TRunojoyo Madura. (1) Titin Faridatun Nisa’, S.Pd., M.Pd. (2) M. Busyro Karim, S.Ag., M.Si. ABSTRAK Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan media garam dalam stimulasi keterampilan proses sains anak usia 4-5 tahun di TK An-Nur Gili Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif dengan uji prasyarat normalitas menggunakan rumus liliefors. Subjek penelitian anak TK An-Nur Gili Barat usia 4-5 tahun terdiri dari 12 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terstuktur, dan dokumentasi. Hasil analisis data uji normalitas menggunakan rumus liliefors diketahui bahwa nilai Lhitung < Ltabel dengan nilai Lhitung sebesar 0.1974 dan Ltabel sebesar 0.242, sehingga H0 diterima dan berdistribusi normal. Hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif menunjukkan bahwa keterampilan proses sains melalui kegiatan pemanfaatan media garam skor rata-rata 3.7 dengan persentase 92.1%. Hal tersebut terlihat dari 4 aspek yakni: aspek mengamati/observasi dengan rata-rata 3.8 dengan persentase 95.8%, aspek mengklasifikasikan/menggolongkan dengan rata-rata 3.9 dengan persentase 96.4%, aspek meramalkan/memprediksi dengan rata-rata 39 dengan persentase 82.3%, dan aspek mengkomunikasikan dengan rata-rata 3.8 dengan persentase 93.8%%. Hal ini membuktikan bahwa perkembangan kognitif yang dialami oleh anak adalah signifikan. Bahwa pada penelitian ini pemanfaatan media garam yang digunakan oleh peneliti efektif dalam menstimulasi keterampilan proses sains anak usia 4-5 tahun. Kata Kunci : Pemanfaatan Media Garam, Keterampilan Proses Sains, Anak Usia 4-5 Tahun
AbstractionElly Rahayu. 2019. Effectiveness of Salt Utilization in Stimulating Scientific Skill of 4-5 Year Old Students in An-Nur Kindergarten, Western Gili. Final Project. Education Program Study. Universitas Trunojoyo Madura (1) Titin Faridatun Nisa’, S.Pd., M.Pd. (2) M. Busyro Karim, S.Ag., M.Si. ABSTRACT The research aims to find out effectiveness of salt media utilization in stimulating scientific process of 4-5 year old students in An-Nur Gili Barat kindergarten. This quantitative descriptive research uses normality prerequisite test by using liliefors formula. The subjects are 4-5 year old students of the kindergarten consisting of 12 students. The techniques of collecting data are structured observation and documentation. Normality data test by using liliefors formula shows Lcalculated < Ltable with score of Lcalculated is 0.1974 and Ltable is 0.242, thus H0 is denied and normally distributed. The findings by using descriptive analysis shows scientific process through the utilization of media gains average score 3.7, with percentage 92.1%. It is seen from 4 aspects: observation with average score 3.8, with percentage 95.8%, classification with average score 3.9, percentage 96.4%, predicting with average score 3.3, percentage 82.3%, and communicating with average 3.8, percentage 93.8%. It proves cognitive significant development of the utilization is effective in stimulating scientific process skill of the children. Keywords : Salt Media Utilization, Scientific Process Skill, 4-5 Year Old Children