Detail Karya Ilmiah

  • Penerapan kegiatan beladiri tapak suci pada kedisiplinan anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah 2 Surabaya
    Penulis : Diyah Cahyaning Putri
    Dosen Pembimbing I : Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi., M.A
    Dosen Pembimbing II :Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi., M.Psi
    Abstraksi

    Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara yang digunakan oleh guru tapak suci dalam menanamkan disiplin kepada anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan tapak suci di TK Aisyiyah 2 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 4 anak. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data observasi terus terang/tersamar, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi berupa foto-foto kegiatan tapak suci disekolah. Penelitian menggunakan teknis analisis data deskriptif dengan mengambarkan keadaan yang ada di di dalam objek penelitian. Hasil analisis data dari cara penanaman kedisiplinan pada kegiatan tapak suci terhadap anak usia 5-6 tahun setelah melakukan observasi dan wawancara didapatkan 4 anak memiliki tingkat kedisiplinan yang baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru tapak suci menggunakan pendisiplinan yang cukup tegas dan dilakukan secara berulang ulang ketika kegiatan tapak suci berlangsung disekolah. Kata kunci: Disiplin, Kegiatan Tapak Suci, Anak Usia 5-6 Tahun.

    Abstraction

    Abstrak : The aim of this research is to explain and to know the ethod that used by the Tapak Suci’s teacher instill discipline to child around 5-6 years old through Tapak Suci activities in Aisyiah 2 kindergarten in Surabaya. This research used descriptive qualitative. There are 4 child as the subject in this research. The method of collecting data was observation forthright data, interactive semi structured data and documentation in the form the pictures of Tapak Suci activities in school. This research used descriptive data analysis with describe the situation in the research object. The finding from instill discipline in Tapak Suci activities to child 5-6 years old after observation and interactive is obtained that 4 child have lavel of discipline is good. The finding of this research shown that Tapak Suci’ teacher used discipline method and do continously when this activities be held in school. Key word: Discipline, Tapak Suci activity,Child 5-6 years old.

Detail Jurnal