Detail Karya Ilmiah
-
Hubungan Kompetensi Pedagogik dengan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita 02 BlegaPenulis : Pradina Adystia AndrianaDosen Pembimbing I : Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi.Dosen Pembimbing II :Muhammad Busyro Karim, S.Ag, M.SiAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan kemampuan penguasaan kosakata anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita 02 Blega. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalaisis menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment dengan taraf signikan 0,05 atau 5%. Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran empirik mengenai masalah yang diteliti, selanjutnya mengadakan analisis terhadap data-data hasil penelitian dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan angket dan instrumen observasi, dimana untuk variabel X peneliti akan memberikan angket yang akan diimplementasikan oleh pendidik di TK, sedangkan Y peneliti menggunakan instrumen obeservasi untuk menilai kemampuan penguasaan anak. Sampel dari penelitian ini seluruh jumlah anak pada kelompok B1 yaitu berjumlah 34 anak. Hasil perhitungan di peroleh t_hitung sebesar 0,57 dan t_(tabek )sebesar 2,032. Karena t_hitung lebih kecil dari t_tabel maka H_0 diterima, dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru tidak terdapat hubungan yang signifikan dengan kemampuan penguasaan kosakata anak usia 5-6 tahun. Besarnya hubungan dapat dilihat dari nilai koefisien diterima (KP) sebesar 8,41% dan sebesar 91,59% bahwa kemampuan penguasaan kosakata anak dipengaruhi faktor lain.
AbstractionThis study aims to determine whether there is a relation significant the teacher's pedagogical competence and themastery ability of vocabularychildren aged 5-6 years at TK Dharma Wanita 02 Blega. Data collection techniques using observation, questionnaires, and documentation. The data obtained were analyzed using correlation analysis Pearson Product Moment with a significant level of 0.05 or 5%. This is intended to get an empirical picture of the problem under study, then conduct an analysis of research data and data collection techniques carried out by giving questionnaires and observation instruments, where for variable X researchers will provide a questionnaire that will be implemented by educators in kindergarten, whereas Y researchers use observational instruments to assess the ability of child mastery. The sample from this study all the number of children in group B1 amounted to 34 children. The calculation results obtained by t_hitung 0,57 and t_tabel 2,032. Because it is t_hitung smaller t_tabel than H_0 accepted, it can be concluded that the teacher's pedagogical competence has no significant relationship with the vocabulary mastery ability of children aged 5-6 years. The magnitude of the relations can be seen from the value of the received coefficient (KP) of 8.41% and 91.59% that the ability of the child's vocabulary mastery is influenced by other factors.