Detail Karya Ilmiah

  • EFEKTIVITAS TEKNIK MOZAIK TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BINA ANAPRASA POLAGAN GALIS PAMEKASAN
    Penulis : SINTA HARTINA
    Dosen Pembimbing I : M. Busyro Karim, S.Ag., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Titin Faridatun Nisa’, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas teknik mozaik terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Bina Anaprasa Polagan Galis Pamekasan. Teknik mozaik merupakan kegiatan yang membantu anak mengembangkan kemampuan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK. Bina Anaprasa PolaganGalis Pamekasan yang terdiri dari 20 anak. Subjek penelitian ini adalah anak TK Bina Anaprasa Polagan usia 5-6 tahun yang terdiri dari 20 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi menggunakan observasi terstruktur, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknis analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa teknik mozaik terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun dengan rata-rata 3.5 dengan presentase sebesar 88,0%. Hal tersebut terlihat pada 4 indikator yang telah diteliti, aspek kelancaran memperoleh rata-rata 3.3 dengan presentase 82.1%. Pada aspek keluwesan pada anak memperoleh rata-rata 3.5 dengan presentase sebesar 88.1%. Pada indikator keaslian pada anak memperoleh rata-rata 3.6 dengan presentase sebesar 90.0%. Sedangkan pada aspek elaborasi pada anak memperoleh rata-rata 3.7 dengan persentase sebesar 91.3%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa teknik mozaik efektif digunakan untuk perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun. Kata Kunci: Teknik Mozaik, Kreativitas, Anak Usia 5-6 Tahun.

    Abstraction

    This research finds out effectiveness of mosaic technique to creativities of children aged 5 – 6 years old at Bina Anaprasa Kindergarten Polagan Galis Pamekasan. The Mosaic Technique the students – consisting of 20 children as research subjects – to develop their creativities. The technique of collecting data was structured observation. Technique of analysis data was done quantitatively. The findings showed the mosaic technique influenced the students’ creativities by 3.5 average score and percentage 88.0%. It was seen from 4 investigated indicators: fluency aspect gaining average score 3.3 or 82.8%, reliability gaining 3.5 or 88.1%, originality gaining 3.6 or 90.0%, elaboration gaining 3.7 or 91.3%. It is concluded the mosaic technique was effective to develop the students’ creativities. Keywords: Mosaic Technique, Creativity, Children Aged 5 – 6 Years Old

Detail Jurnal