Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA HIDROPONIK UNTUK POTENSI LOKAL DALAM PEMBELAJARAN SAINS BERCOCOK TANAM PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
    Penulis : 150651100009
    Dosen Pembimbing I : Dewi Mayang Sari S.Psi.,M.Psi
    Dosen Pembimbing II :Dwi Nurhayati Adhani.S.Psi., M.Psi
    Abstraksi

    Desi Lutfiyanti. 2019. Pengembangan Media Hidroponik Untuk Potensi Lokal Dalam Pembelajaran Sains Bercocok Tanam Pada Anak Usia 5-6 tahun. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunjoyo Madura. Pembimbing Dewi Mayang Sari S.Psi.,M.Psi, Dwi Nurhayati Adhani.S.Psi., M.Psi. ABSTRAK Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan pengembangan serta kelayakan pada medi hidroponik untuk potensi lokal dalam pembelajaran sains bercocok tanam pada anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian Model ADDIE ( analisys, Design, Development, Implemntation, Evaluation) dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian pengembangan ini menggunakan 5 tahap uji coba yang meliputi uji coba ahli materi, uji coba ahli media, uji coba lapangan perseorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar. Pengumpulan data menggunakan angket dari para ahli dan respons anak untuk mengetahui tingkat kelayakan pada media hidroponik yang akan dikembangkan sebagai produk. Persentase hasil analisis data kelayakan dari ahli materi memperoleh nilai sebesar 96,36%, ahli media memperoleh nilai sebesar 90,77%, ujii coba perseorangan memperoleh nilai sebesar 91%, uji coba kelompok kecil memperoleh nilai sebesar 75%, uji coba kelompok besar memperoleh nilai sebesar 86%. Berdasarkan persentase hasil analisis data, media hidroponik untuk potensi lokal dalam pembelajaran sains bercocok tanam pada anak usia 5-6 tahun dinyatakan valid dan dapat digunakan sebagai proses pembelajaran. Kata Kunci : Hidroponik, Pembelajaran Sains, Anak Usia 5-6 Tahun.

    Abstraction

    Desi Lutfiyanti. 2019. The Development of Hydroponic Media of Local Potency in Planting Science Learning for Early Children Aged 5-6 Year Old. Final Project. Preschool Teacher Education. Education Faculty. Universtias Trunojoyo Madura. Advisors Dewi Mayang Sari S.Psi.,M.Psi, Dwi Nurhayati Adhani.S.Psi., M.Psi. ABSTRACT This research aims to find out development needs and reliability of hydroponic local media in planting science learning for 5-6 year old children. This ADDIE research model (Analysis, Design, Development, and Evaluation) uses quantitative and qualitative data to develop in 5 trial stages covering from: material expert trial test, medium expert trial test, individual field trial test, small group trial test, and large group trial test. To collect the data is done by expert questionnaire and students’ responses to find out reliability of current developed media as the product. Percentage of reliability data analysis result of material expert is 96.36%, medium expert 90.77%, individual trial 91%, small group trial 75%, and large group trial 86%. Based on the data, the media is valid and can be used as learning process. Keywords : Hydroponic, Science Learning, 5-6 Year Old Children

Detail Jurnal