Detail Karya Ilmiah
-
POLA PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI OLEH TIM PEMBERDAYAAN KESEJAHTERAAN KELUARGAPenulis : Anis MahmudahDosen Pembimbing I : Muhammad Busyro Karim S.Ag., M.SiDosen Pembimbing II :Titin Faridatun Nisa’ S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Anis Mahmudah. 2019. Pola Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini oleh Tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing: Muhammad Busyro Karim S.Ag., M.Si dan Titin Faridatun Nisa’ S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga serta mengetahui kendala dan solusinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif, Subjek penelitian ini adalah tenaga pendidik di PAUD Budi Luhur dengan jumlah 3 tenaga pendidik dimana 1 pendidik lulusan S1 Pendidikan Agama Islam dan 2 orang pendidik lulusan SMA. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan., sedangkan untuk melihat keabsahan datanya peneliti menggunakan meningkatkan ketekunan, triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa pengelolaan pembelajaran dalam proses perencanaan pembelajaran di PAUD Budi Luhur terdapat silabus yang berisi Prota, Promes, RPPM dan RPPH, namun belum diterapkan. Pelaksanaan pembelajaran di PAUD Budi Luhur adalah lebih memfokuskan pada calistung, serta dalam pelaksanaanya menggunakan metode pembelajaran bermain, bercerita, bernyanyi, tanya jawab, demonstrasi dan pemberian tugas. Sementara untuk model pembelajarannya yaitu menggunakan model pembelajaran kelompok, dan untuk evaluasi pembelajaran terdapat buku penghubung, Laporan Penilaian Hasil Belajar dan ijazah. Sedangkan kendalanya yaitu berkaitan dengan pendidikan, sarana dan prasarana serta kualifikasi pendidik, untuk mengatasi kendala tersebut terdapat solusi yaitu dengan mengikuti pelatihan dan menjalin kerjasama dengan pemerintah setempat. Kata kunci : Pola Pengelolaan, Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga.
AbstractionAnis Mahmudah. 2019. Learning Management Pattern of Early Children by Family Wellbeing Empowerment Team. Final Project. Early Child Education. Education Faculty. Universitas Trunojoyo Madura. Advisors: Muhammad Busyro Karim S.Ag., M.Si dan Titin Faridatun Nisa’ S.Pd., M.Pd. ABSTRACT This research aims to find out learning management done by family wellbeing empowerment team and to find out difficulties and the solution. This qualitative descriptive research takes 3 educational workers in Budi Luhur preschool. One of them earns Islamic Bachelor while the others graduated from Senior High School. Techniques of collecting data are observation, interview, and documentary study. This research uses Mile and Huberman to reduce, present, and conclude the data. Meanwhile, to check its validity, the researchers uses determination level, triangulation, and source reference. The findings describe the learning management planning in the school has syllabus consisting annual process, semester process, lesson plan M (RPPM), and lesson plan H (RPPH), but they are not implemented. The execution of the learning focuses on calculating, reading, and writing realized into singing, telling, playing, asking-answering, demonstrating, and task giving. Meanwhile, the learning model is group learning model. The evaluation has mediating book, learning achievement report, and certificate. Meanwhile, the difficulties related to education, facility, and infrastructure, as well as qualification of educators are solved by training and cooperating to local government. Keywords : Management pattern, Preschool learning, Family Wellbeing Empowerment