Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Media Papan Flanel untuk Menanamkan Moral Dalam Membedakan Perilaku Baik dan Buruk Anak Usia 4-5 Tahun di TK Pertiwi Pasongsongan Sumenep
    Penulis : Istidamatun Nashihah Rohman
    Dosen Pembimbing I : Dewi Mayangsari, S.Psi., M.Psi.
    Dosen Pembimbing II :wi Nurhayati Adhani, S.Psi., M.Psi.
    Abstraksi

    Istidamatun Nashihah Rohman. 2019. Pengembangan Media Papan Flanel untuk Menanamkan Moral Dalam Membedakan Perilaku Baik dan Buruk Anak Usia 4-5 Tahun di TK Pertiwi Pasongsongan Sumenep. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing Dewi Mayangsari, S.Psi., M.Psi., dan Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi., M.Psi. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media papan flanel untuk menanamkan moral dalam membedakan perilaku baik dan buruk anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi Pasongsongan Sumenep. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Borg and Gall. Langkah yang ditempuh meliputi penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba terbatas, revisi tahap awal, uji coba lapangan utama, revisi produk akhir. Subjek penelitian yaitu anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi Pasongsongan Sumenep yang berjumlah 21 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Analisis data bersifat deskriptif berdasarkan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh dari media papan flanel, yaitu: validasi ahli materi memperoleh persentase 100% dengan predikat “sangat tinggi”,validasi ahli media memperoleh persentase 75% dengan predikat “sangat tinggi”, uji coba terbatas memperoleh persentase 91,03% dengan kategori “sangat layak tidak perlu revisi”, dan uji coba lapangan utama memperoleh persentase 92,63%, dengan kategori “sangat layak tidak perlu revisi”.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media papan flanel untuk menanamkan moral dalam membedakan perilaku baik dan buruk anak anak usia 4-5 tahun layak digunakan. Kata Kunci : Anak Usia 4-5 Tahun, Membedakan Perilaku Baik dan Buruk, Papan Flanel.

    Abstraction

    Istidamatun Nashihah Rohman. 2019. Development of Flannel Board Media to Infuse Morality in Differentiating Good and Bad Behaviors for Children 4-5 Years Old in Pertiwi Kindergarten Pasongsongan Sumenep, Early Childhood Education Teacher Education Study Program, Faculty of Education, Trunojoyo Madura University. Supervisor Dewi Mayangsari, S.Psi., M.Psi., Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi., M.Psi. ABSTRACT This study aims to develop flannel board media to instill morale in distinguishing good and bad behavior of children aged 4-5 years in TK Pertiwi Pasongsongan Sumenep. This research uses development research with the development model of Borg and Gall. The steps which is taken include preliminary research and information gathering, planning, initial product development, limited trials, initial revisions, main field trials, final product revisions. The research subjects were children aged 4-5 years at Pertiwi Kindergarten, Pasongsongan Sumenep, which numbered 21 children. Data collection techniques using observation, interviews and questionnaires. Data analysis is descriptive based on quantitative and qualitative data. The results show that the values which is obtained from flannel board media, namely: material expert validation obtained a percentage of 100% with the title "very high", media expert validation gained a percentage of 75% with the title "very high", limited trials obtained a percentage of 91.03 % with the category "very feasible does not need revision", and the main field trial received a percentage of 92.63%, with the category "very feasible no need for revision". Based on the results of the research that has been done, it can be concluded that flannel board media to implant morale in distinguishing good and bad behavior of children aged 4-5 years is appropriate to use

Detail Jurnal