Detail Karya Ilmiah
-
Analisis Penerapan program holistik integratif berbasis pesantren di Tk Al-Hikam Burneh BangkalanPenulis : Sahratun Na’imaDosen Pembimbing I : Busyro Karim, S. Ag.,M.SiDosen Pembimbing II :Titin Faridatun Nisa’ S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan program holistik integratif berbasis pesantren yang dilihat dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Holistik Integratif adalah pendidikan bagi anak usia dini yang menyeluruh utuh, yang dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di tingkat masyarakat dan pemerintah.guna memenuhi kebutuhan esensial PAUD yang beragam, baik mencakup layanan rangsangan pendidikan, kesehatan, dan perlindungan, yang saling berkaitan secara simultan dan sistematis, dengan mengedepankan pendidikan karakter dalam setiap pembelajaranya. Tempat penelitian ini yaitu di TK Al-Hikam, kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Terdiri dari 6 informan, kepala sekolah, guru wali kelas KB, TK A, TK B dan 2 orang tua wali murid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan prosedur analisis data kualitatif Miles dan Hubermen. Hasil penelitian menjelaskan bahwa sekolah TK Al-Hikam sudah menerapkan program holistik integratif dan sudah memenuhi unsur-unsur holistik integratif. Pada layanan pendidikan menyatakan bahwa sebelum pembelajaran inti anak mengaji terlebih dahulu dan membaca asmaul husna, juga membuat anak merasa nyaman dan senang. Layanan kesehatan sudah bekerja sama dengan pihak puskesmas. Layanan pengasuhan sudah bekerja sama dengan orang tua yang dinamakan parenting. Pada layanan perlindungan sarana dan prasarana aman, nyaman dan menyenagkan. Layanan kesejahteraan setiap anak mendapatkan hak yang sama. Kata kunci: Anak Usia Dini, Holistik Integratif, Berbasis Pesantren
AbstractionThis research has purpose to find out the implementation of integrative holistic program based Islamic boarding school seen from planning, acting, and evaluating. Integrative holistic is complete and integrated education for early children by various stakeholders at society and government levels to support various and essential needs of Preschool, both covering stimuli of educational service, health, and protection in which are correlated simultaneously and systematically by prioritizing character education in each of its learning. This research takes place at Al-Hikam kindergarten, Burneh district, Bangkalan regency, Eastern Java. There are 6 informants started from the principal, home class teachers of Play Group, Kindergarten A, Kindergarten B, and two of home parents of the students. It is a qualitative approached research with qualitative method. The techniques of collecting data are observation, interview, and documentation. This research uses Mile and Hubermen data analysis procedure. The discussion of the data explains that the kindergarten has implemented the program and has met the requirements of integrative holistic program. In term of education service, it states that before core learning, children must read Al-Qur’an and read Asmaul Husna. It makes the students feeling comfortable and happy. Health service has been cooperating with local health center. Caring service has been cooperating with parents – known as parenting. In term of protective service, the facilities are comfortable, safe, and fun. In term of wellbeing service, each child has equal right. Keywords: Early Children, Integrative Holistic, Islamic Boarding School based